Pengertian Negara Bangsa dan Masyarakat Indonesia


Negara Bangsa dan Masyarakat IndonesiaMengenai negara, bangsa dan masyarakat indonesia tentu kita akan membahas sebuah materi yang ada pada pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan.

negara bangsa dan masyarakat indonesia

Pendidikan kewarganegaraan pada umumnya memang menjelaskan hal-hal yang berkaitan dengan negara, dan bagian lainnya dari negara.

Kita sebagai penduduk Indonesia, tentu kewarganegaraan kita adalah Indonesia. Indonesia yang telah merdeka pada tangga 17 Agustus 1945 ini tentu memiliki banyak peraturan yang tidak tertulis maupun yang tertulis, mungkin seperti apa yang banyak tercantum pada Pancasila, UUD 1945, dan tentunya akan anda pelajari di pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKN).

Kita kembali pada pembahasan lebih detail mengenai Negara Bangsa dan Masyarakat Indonesia.

Inilah Pengertian Negara Bangsa dan Masyarakat Indonesia


1. Negara Indonesia


Pengertian Negara, Negara adalah tatanan daripada rakyat, dan wilayah yang ada (dimiliki) dan dikuasai oleh pemerintah yang sah serta memiliki kedaulatan. Negara sendiri memiliki kewenangan istimewa, kewenangan tersebut adalah sebagai berikut.

Kewenangan Negara

Ini adalah beberapa kewenangan Negara, yaitu membentuk pasukan angkatan bersenjata, pemerintahan, lembaga peradilan, perlemen dan mencetak uang, serta menggunakan kekerasan (peraturan) di wilayah kedaulatan negara tersebut.

Di dalam kewenangan negara terdapat pemerintahan, Pemerintah sendiri adalah bagian unsur dari aparatur negara, pemerintah di sini berperan juga menjadi kelompok sosial yang memiliki batas periode untuk mendapat kesempatan sebagai pemegang pucuk pimpinan eksekutif.

Sebelum pada tahap membahas bangsa, kita bahas dulu sedikit mengenai teori-teori negara. Menurut para pakar, teori asal usul negara dan konsep negara ini didefinisikan secara beragam. Karena hal ini berdasarkan pada sudut pandang para pakar. Yang terpenting, berdirinya sebuah negara ini harus memenuhi syarat yang ada, yaitu terdapatnya pemerintah yang memiliki kedaulatan, warga negara (WN) , wilayah dan pengakuan negara lain (pihak lain).

Setelah anda mengerti sedikit mengenai Negara, selanjutnya kita ke pembahasan mengenai Bangsa.

2. Bangsa Indonesia


Bangsa ialah suatu persatuan solidaritas, 1 jiwa, dan 1 asas spiritual yang terwujud dari pengorbanan masa dulu demi generasi penerusnya (masa depan). Itulah pengertian dari bangsa, bangsa juga memiliki faktor yang dapat mempersatukan kalangan masyarakat indonesia selaku bangsa, yaitu latar belakang sejarahnya yang sama, tekad yang kuat untuk hidup beriringan guna untuk menggapai masa depan lebih baik, yaitu masyarakat yang adil, makmur, dan aman sentosa.

Dari sini kita bisa mengetahui bahwa Bangsa dan Negara itu tidak sama. Dalam bangsa dan negara ini terdapat pemisahan, yang bahkan mungkin bisa menimbulkan permusuhan.

Demikian mengenai bangsa dan negara yang harus anda pahami sebagai pembelajaran materi pendidikan kwarganegaraan. Selanjutnya kita pada pembahasan Masyarakat Indonesia.

3. Masyarakat Indonesia


Pengertian dari masyarakat, Masyarakat ialah totalitas kompleks hubungan antara individu yang terpola dan luas dalam lingkup negara, atau dalam lingkup suku bangsa maupun kelompok sosial lainnya.

Masyarakat warga negara atau civil society atau bisa disebut masyarakat madani, bukanlah masyarakat sipil. Masyarakat warga negara atau civil society merupakan wilayah / ruang publik yg bebas, di mana setiap individu  melakukan kegiatan merdeka untuk menyatakan pendapat, dan berserikat serta berkumpul.

Civil Society ini dalam kata lain bisa kita pahami selaku suatu susunan kehidupan yang memiliki keinginan kesejajaran hubungan warga negara dengan negara, berdasarkan prinsip saling hormat/menghormati, hubungan warga negara dengan negara bersifat konsultatif, warga negara memiliki hak dan kewajiban serta negara yang memperlakukan warga negaranya harus secara adil, serta kebebasan dan hak yang sama atau equal right.

Mengenai Bela Negara


Dari ketiga penjelasan Negara, Bangsa dan Masyarakat Indonesia seharusnya dalam kehidupan berbangsa, bernegara, dan bermasyarakat (civil society) diperlukan adanya sikap, pola pikir, dan tindakan yang menyatu.

Sebagai warga negara, bela negara ini sudah menjadi hak dan kewajiban bagi setiap anggota warga negara. Oleh karena itu, tanggung jawab dari kelangsungan hidup negara dan bangsa ini merupakan tanggung jawab kita bersama selaku bangsa.

Beberapa ini adalah kerangka dasar kehidupan nasional yang hierarkis, yaitu falsafah bangsa, ideologi, pandangan hidup, dasar negara, kostitusi, tannas dan wawasan nusantara.

Falsafah bangsa, ideologi, pandangan hidup dan juga dasar negara adalah Pancasila, yang juga tercantum dan berkaitan erat dengan UUD 1945. Untuk menggapai tujuan nasional, maka diperlukan juga teori atau asas yang sudah diyakini kebenarannya selaku pedoman dasar. Untuk wawasan nusantara merupakan doktrin dasar sedangkan tannas merupakan doktrin pelaksanaan.


Demikianlah mengenai Negara, Bangsa dan Masyarakat Indonesia. Dalam penjelasan ini mungkin kurang lengkap yang bisa saya sampaikan, untuk itu silahkan baca artikel penjelasan lebih detailnya yang saya pisah jadi beberapa postingan dalam judul materi berbeda di blog ini.

Untuk beramal jariyah, anda bisa bagikan artikel ini. Semoga menjadi ilmu yang bermanfaat yang diridhoi Allah SWT, aamiin.

0 Response to "Pengertian Negara Bangsa dan Masyarakat Indonesia"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel