Materi Pendidikan Anak di SD

Materi Pendidikan Anak di SD - Dalam postingan ini, akan membahas atau memberi informasi apa saja yang akan ada pada "materi pendidikan anak di sd". Pelajaran-pelajaran seperti ini akan anda dapatkan jika anda mengambil jurusan kuliah Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD).

pendidikan anak di sd

Namun biasanya Universitas-universitas tertentu yang akan membekali modul sebagai bahan belajar. Jika pada universitas anda tidak membekali modul, anda tidak salah untuk mengikuti terus situs Modul Pendidikan, khususnya pada BAB Pendidikan Anak di SD.

Modul Pendidikan mengambil materi pendidikan anak di sd ini dari referensi modul Universitas Terbuka. Berikut materi-materi pendidikan anak di sd sumber modul Universitas Terbuka.

Materi Pendidikan Anak di SD


Berikut ada 12 modul pendidikan anak di sd dengan beberapa kegiatan belajarnya.

Modul 1 Pendidikan Anak di SD


Modul pertama, anda akan mempelajari materi tentang hakikat pendidikan. Hakikat pendidikan tersebut meliputi kegiatan belajar definisi pendidikan, tujuan pendidikan di sd, fungsi pendidikan di sd dan prinsip-prinsip pendidikan di sd. Materi khusus tentang hakikat pendidikan di sekolah dasar sudah tersaji, silahkan baca dengan mengeklik tautan hakikat pendidikan di sekolah dasar.

1. Definisi Pendidikan


Yang dibahas tidak akan jauh tentang pengertian pendidikan, ciri-ciri pendidikan atau unsur pendidikan, kajian-kajian mengenai pendidikan serta pengertian pendidikan menurut pendapat para ahli.

2. Tujuan Pendidikan di SD

Tujuan amat penting untuk diketahui oleh seorang guru ataupun calon guru sd, tujuan pendidikan di sd ini membahas mengenai apa saja tujuan pendidikan yang akan di uraikan secara rinci.

3. Fungsi Pendidikan di SD

Fungsi dengan tujuan hampir tidak bisa dipisah-pisahkan, keduanya memiliki keterkaitan erat. Nah, dalam kegiatan belajar 3 ini anda akan mengetahui apa saja fungsi pendidikan di sd dan beberapa rumusan-rumusan terkait yang diberikan para ahli.

4. Prinsip-prinsip Pendidikan di SD

Prinsip-prinsip pendidikan di sd ini sangat perlu diketahui oleh guru maupun calon guru sd. Pasalnya prinsip ini akan membantu anda untuk sukses dalam mendidik.

Modul 2 Pendidikan Anak di SD


Modul 2 mengenai perkembangan kognitif anak usia sekolah dasar.  Dalam kegiatan belajar modul 2 meliputi kemampuan kognitif anak usia sd, bakat dan kreativitas anak usia sd serta peran kecerdasan intelektual dan kecerdasan emosional pada anak sd.

1. Kemampuan Kognitif Anak Usia SD

Dalam kegiatan belajar ini, bahasan meliputi perkembangan kognitif anak di sd. Maka anda akan mengetahui tahap-tahap perkembangan tersebut.

2. Bakat dan Kretivitas Anak Usia SD

Materi ini meliputi pengertian bakat, bakat sebagai potensi yang dapat dikembangkan, pengertian kreativitas, hubungan kreativitas dengan kecerdasan, belajar dan berpikir kreatif serta faktor-faktor yang berpengaruh dan sumber-sumber kreativitas yang perlu dikembangkan.

3. Peran Kecerdasan Intelektual dan Kecerdasan Emosional pada Anak SD

Dalam kegiatan belajar ini mencangkup apa itu kecerdasan intelektual dan apa itu kecerdasan emosional. Tak lain dalam kegiatan belajar ini membahas pengertian dan rumusan-rumusan dari kedua kecerdasan tersebut.

Modul 3 Pendidikan Anak di SD


Modul 3 adalah perkembangan moral dan sosial pada anak usia sekolah dasar. Berikut materi kegiatan belajar dari modul 3.

1. Perkembangan Moral pada Anak Usia SD

Mencakup pengertian perilaku moral, cara mempelajari moral, pengertian disiplin, pentingnya disiplin bagi anak, pemberian hukuman dan penghargaan, serta arti agama bagi anak usia sekolah.

2. Penyesuaian Diri dan Penerimaan Sosial

Materi dari kegiatan belajar ini akan meliputi makna perkembangan bagi anak usia sd dan pola-pola tingkah laku.

3. Perkembangan Peran Gender pda Anak Usia SD

Pembahasan kegitan belajar 3 akan meliputi pengertian gender, peran gender di usia sekola, serta mengembangkan stereotype nongender pada anak,

Modul 4 Pendidikan Anak di SD


Modul 4 ini berjudul kebutuhan anak sekolah dasar. terdapat empat kegiatan belajar di dalamnya, yang pertama adalah

1. Gizi dan Permasalahannya pada Anak Usia SD

Kegiatan belajar akan membahas mengenai gizi dan permasalahannya yang meliputi perkembangan fisik pada anak sd.

2. Kesehatan dan Prestasi Belajar

Masih terdapat keterkaitan dengan kegiatan belajar satu, kegiatan belajar dua ini mencangkup hubungan gizi dengan kesehatan, kepribadian dan emosionalitas serta dengan kecerdasan.

3. Teori Kebutuhan dan Penerapannya bagi Anak Usia SD

Dalam materi akan mencangkup teori kebutuhan maslow dan motivasi intensif.

4. Pengaruh Sekolah pada Kepribadian

Yang ada dalam materi meliputi hasrat berprestasi, motivasi intrinsik dan ekstrinsik serta orientasi mastery dan orientasi helpess.

Modul 5 Pendidikan Anak di SD


Pada modul 5 ini tentang proses belajar anak sd, dalam modul 5 terdapat empat kegiatan belajar sebagai berikut.

1. Pengertian dan Karakteristik Belajar

Tidak jauh dari judul kegiatan belajar 1, yang di bahas akan meliputi pengertian belajar dan karakteristik-karateristik belajar.

2. Prinsip-prinsip Belajar

Ada sembilan prinsip-prinsip belajar dalam kegiatan belajar ini, anda sebagai guru ataupun calon guru sd berhak untuk mengetahui prinsip-prinsip tersebut.

3. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Proses dan Hasil Belajar Anak di Sekolah

Faktor tersebut meliputi faktor anak, guru, tujuan, bahan pelajaran serta faktor ekonomis dan administratif.

4. Kesulitan Belajar Anak SD

Sebagai guru bukan hanya membimbing muridnya untuk belajar dengan baik, terkadang bimbingan yang baik masih ada saja anak yang masih kesulitan belajar dalam sistem yang diberikan. Oleh sebab itu, dalam materi ini guru atau calon guru sd akan mempelajarinya.

Modul 6 Pendidikan Anak di SD


Di modul 6 ini mengenai pendekatan pembelajaran di sekolah dasar. Ada empat jenis pendekatan pembelajaran yang akan anda pelajari. Empat pendekatan pembelajaran tersebut adalah pendekatan pembelajaran holistik, kontruktivisme, experiental learnig dan multiple intelligence.

Modul 7 Pendidikan Anak di SD


Pada modul 7 mengenai pengembangan dan inovasi pendidikan di sekolah dasar. Dalam kegiatan belajarnya hanya terdapat 2, yaitu pengembangan pendidikan anak di sekolah dasar dan inovasi pendidikan sekolah dasar.

Modul 8 Pendidikan Anak di SD


Adapun materi yang ada pada modul 8 pendidikan anak di sd adalah mengenai konvensi hak anak. Dalam kegiatan belajarnya pun hanya ada konvensi hak anak dan latar belakang konvensi hak anak.

Modul 9 Pendidikan Anak di SD


Modul 9 kegiatan mengenai konvensi hak anak dan pendidikan, modul sembilan ini akan memberikan penjaran lebih luas mengenai konvensi hak anak. Kegiatan belajar yang ada pun meliputi jenis-jenis hak anak serta konvensi hak anak dan pendidikan.

Modul 10 Pendidikan Anak di SD


Modul 10 mengenai implikasi hak anak di sekolah dasa. Kegiatan belajarnya meliputi implikasi hak anak pada pembelajaran sd dan contoh-contoh pelanggaran hak anak di sekolah dasar.

Modul 11 Pendidikan Anak di SD


Bahasan mengenai modul 11 adalah konsep belajar bimbingan dan konseling di sekolah dasar. Ada tiga kegiatan belajar di dalamnya yang meliputi hakikat bimbingan dan konseling di sd, peran guru dalam bimbingan dan konseling di sd serta peran orang tua dalam bimbingan dan konseling di sd.

Modul 12 Pendidikan Anak di SD


Modul 12  materi pendidikan anak di sd mengenai prosedur pengelolaan program bimbingan dan konseling di sd. Yang mana anda akan menjumpai empat kegiatan belajar pada modul 12 yaitu jenis-jenis perangkat bimbingan dan konseling di sd, perencanaan dan bimbingan dan konseling di sd, pelaksanaan bimbingan dan konseling di sd serta evaluasi pelaksanaan program bimbingan.


Nah dalam modul pendidikan anak di sd, anda akan mempelajari 12 modul di atas yang bersumber dari Universitas Terbuka.

Namun dalam Modul Pendidikan ini, mungkin anda akan mempelajari bagian perbagian materi yang di bagi-bagi dalam beberapa postingan. Gunanya, supaya mempermudah anda dalam mempelajari modul pendidikan anak di sd ini.
Silahkan pantau terus www.modulpendidikan.com karena materi terkait selanjutnya akan segera di UPDATE.

Mau tahu cara dapat uang dari Internet?

0 Response to "Materi Pendidikan Anak di SD"

Post a Comment