5 Tips Belajar Efektif dan Efisien untuk Pelajar

Belajar Efektif dan Efisien - Pernah gak sih kamu susah banget nyantol dengan pelajaran yang kamu pelajari di rumah. Biasanya sih setelah dipelajari, besoknya hilang begitu saja atau gak ingat sama sekali dengan apa yang dipelajari kemarin.

Berdasarkan studi kasus, hal tersebut tentu banyak sekali dialami oleh setiap pelajar di Indonesia ini. Nah oleh sebab itu, Modul Pendidikan akan men-share tips belajar efektif dan efisien. Yang namanya tips, keputusan untuk kamu terapkan ada pada diri kamu sendiri.

belajar efektif dan efisien

Sebelum pada tipsnya, mari perlebar terlebih dahulu maksud atau pengertian belajar efektif dan efisien ini. Efektif dalam kamus besar bahasa Indonesia bisa dikatakan ada efeknya, manjur ataupun mujarab. Jadi tips ini buat kamu supaya pelajaran yang kamu pelajari tidak hilang begitu saja. Bukankah sia-sia kalau kamu belajar namun tidak efektif? Hal ini sama dengan membuang-buang waktu. Oleh sebab itu, cara belajar yang tepat (efisien) adalah saran buat kamu.

Nah selanjutnya silahkan kamu simak tips belajar efektif dan efisien berikut ini.

Tips Belajar Efektif dan Efisien untuk Pelajar


1. Berdoa


Berdoa menjadi materi cara belajar efektif pertama yang sangat penting, kebanyakan pelajar pun pasti melupakan poin ini ketika hendak memulai belajar di rumah. Nah oleh sebab itu, sebagai makhluk ciptaan Tuhan Yang Maha Esa, alangkah baiknya sebelum kita melakukan sesuatu (terutama belajar) di awali dengan berdoa meminta ridho darinya. Selain itu ditutup juga dengan doa yang baik agar belajarmu menjadi kebermanfaatan dalam dirimu sendiri maupun orang lain.

Untuk lafadz berdoa mengawali belajar maupun sesudahnya pun pastilah sudah di ajarkan di sekolah, baik dari agama dan kepercayaan masing-masing.

2. Niat dan rutin belajar


Rutin ini hampir mirip dengan istiqomah, tidak mudah untuk menjalankan suatu hal dengan istiqomah dengan adanya niat belajar dalam diri sendiri. Begitupula dengan doa yang harus disertai dengan niat dan usaha.

Dari segi perbandingan yang lebih baik, belajar sedikit namun rutin setiap hari lebih disarankan ketimbang belajar banyak yang dilakukan hanya ketika hendak menghadapi ujian. Oleh sebab itu, kamu harus menentukan waktu belajar yang efisien.

3. Waktu belajar


Bagaimana kamu mendapatkan waktu belajar yang efektif dan efisien? Hal ini bisa kamu sendiri yang tentukan. Dalam arti kamu harus memiliki jadwal tersendiri kapan kamu akan belajar setiap harinya.

Dalam dunia ini semua manusia mendapati waktu 24 jam setiap harinya, cuman yang membedakan adalah kesibukan dari pribadi masing-masing. Oleh sebab itu, dengan terjadwalnya rutinitas yang dijalani, maka semua akan berjalan lebih mudah dan menjadikan waktu yang berkualitas setiap harinya.

Dalam hal ini, kondisi maupun suasana dalam dirimu juga mempengaruhi untuk menentukan jadwal belajar yang pas. Misalnya begini, waktu yang tidak tepat untuk belajar adalah ketika kamu merasa capek sehabis menjalani aktivitas yang berat misalnya. Maka sebaiknya kamu beristirahat bukan?

Nah dalam hal ini, mungkin yang menjadikan agak susah adalah mengatur jadwal waktu belajar yang efektif dan efisien. Kamupun harus mendapati inisiatif sendiri untuk menentukan waktu belajarmu yang tepat dalam kondisi maupun suasana yang bugar dan siap untuk belajar.

4. Belajar yang nyaman


Belajar yang nyaman juga berpengaruh dalam efektif atau tidaknya belajarmu. Belajar yang nyaman meliputi tempat belajar dan suasana lingkungan kamu belajar, selain itu kondisi diri kamu yang sudah dijelaskan tadi di atas.

Kemudian untuk tempat dan lingkungan, tempat atau ruangan dengan benda-benda yang berserakan pastilah mengganggu konsentrasi kamu dalam belajar, begitupula dengan lingkungan. Saya sendiri kalau dalam situasi lingkungan yang rame sangat susah untuk belajar, namun beda kalau dengan mendengarkan musik.

Intinya, kamu harus bisa menciptakan situasi maupun kondisi supaya kamu bisa belajar dengan nyaman serta menemukan cara belajar efektif yang menyenangkan. Dengan begitu, materi yang dipelajari akan mudah terserap.

5. Metode belajar


Seorang pelajar, hendaknya menentukan metode belajar yang efektif dan efisien menurut dirinya sendiri. Kebanyakan pelajar pun mengabaikan bagaimana seharusnya belajar yang efektif dan efisien ini. Dalam studi kasus, kebanyakan pelajar menggunakan metode belajar yang monoton, membaca dan membaca begitu saja tanpa memahami akankah yang dibaca tersebut nyantol dalam pikiran.

Nah bagi setiap orang atau pelajar yang memang memiliki daya serap atau ingat yang lebih, mungkin hal tersebut sudah yang baik tanpa ada metode lainnya. Namun tanpa terkecuali, sebaiknya kamu mempelajari juga bagaimana metode yang baik buat belajarmu sendiri. Sebagai contoh metode belajar efektif adalah sebagai berikut.

Dalam suatu Universitas tempat saya belajar, dari situ Dosen memberitahukan metode belajar beliau. Dalam metode belajarnya, beliau membuat peta konsep terlebih dahulu untuk modul atau buku yang hendak dipelajari. Selain itu, beliau juga tidak hanya membaca saja, melainkan juga menulis ulang materi yang dipelajarinya. Sehingga hal tersebutlah yang mampu meningkatkan daya ingat beliau dengan materi yang dipelajarinya.

Selain metode tersebut, kamu juga bisa menggunakan metode yang umum. Metode dengan membaca dan terus membaca sembari memberi tanda penting pada suatu kalimat untuk dipelajari ulang. Belajar kelompok pun juga dianjurkan buat kamu supaya dapat sharing mengenai materi pelajaran yang dipelajari sesama anggota kelompokmu.


Nah itulah 5 tips belajar efektif dan efisien yang dapat Modul Pendidikan posting. Semoga memberi kebermanfaatan buat kamu, dan jangan lupa di share apabila ini ilmu yang bermanfaat. Kalau kamu mempunyai tips lain, atau metode belajar yang lebih efektif dan efisien, silahkan berkomentar maka akan saya tambahkan supaya menjadi kebermanfaatan yang lebih bagi setiap pelajar atau orang keseluruhan.

Mau tahu cara dapat uang dari Internet?

0 Response to "5 Tips Belajar Efektif dan Efisien untuk Pelajar"

Post a Comment