7 Hal yang Membatalkan Puasa

Hal yang Membatalkan Puasa - Dalam islam ada macam puasa wajib dan sunnah, diantaranya puasa wajib adalah puasa pada bulan suci Ramadhan yang setiap orang islam (muslim) harus melaksanakan kewajiban tersebut. Kemudian untuk puasa sunnah, salah satu contohnya yang banyak dikenal adalah puasa senin kamis. Tak lepas dari itu, Modul Pendidikan akan men-sharing hal-hal yang membatalkan puasa baik untuk puasa wajib maupun puasa sunnah. Baca juga hikmah menjalankan puasa.

hal yang membatalkan puasa

Hal yang Membatalkan Puasa


1. Memasukkan sesuatu ke dalam lambung


Baik makan atau minum, merupakan hal yang paling utama larangan bagi setiap orang muslim yang menjalankan puasa pada umumnya. Manusia harus menahan lapar maupun haus sampai batas-batas yang telah ditentukan (selepas saur sampai tiba waktu berbuka). Namun apabila makan atau minum dilakukan dengan tidak sengaja (lupa), maka orang tersebut harus kembali menyempurnakan puasanya dengan kata lain puasa tidak batal.

Sesuatu hal tersebut (terutama air) bisa masuk dari beberapa lubang, diantaranya mulut, hidung, telinga, anus dan kemaluan bagi wanita. Bagi kamu yang menjalankan puasa, sebaiknya kamu menggosok gigi sewaktu sahur dan menghindari kentut dalam air yang bisa mengakibatkan masuknya air kedalam lubang.

2. Melakukan hubungan seksual


Dalam hal ini, melakukan hubungan seksual dengan sengaja di siang hari bulan Ramadhan haram hukumnya baik bagi suami istri ataupun bukan suami istri (zina). Apabila melakukan, maka harus membayar dengan puasa dua bulan berturut-turut.

3. Muntah dengan disengaja


Bagi kamu yang muntah dengan sengaja (entah penyebabnya apa), maka kamu wajib mengganti puasa, sedang yang tidak disengaja puasanya masih sah-sah saja.

4. Keluarnya air mani


Keluarnya air mani baik karena masturbasi atau onani yang disengaja, maka hal itu membatalkan puasa. Sedang yang tidak disengaja (mimpi basah) tidak membatalkan puasa.

5. Haid atau nifas


Bagi wanita yang sudah menginjak baligh, pasti akan mengalami yang namanya haid. Haid ini keluarnya darah dari kamaluan wanita yang biasa terjadi bulanan. Dalam hal ini, wanita juga dilarang untuk tidak mengerjakan sholat. Namun kalau puasa, wanita harus tetap menggantinya.

Sedangkan kalau nifas, nifas adalah keluarnya darah dari kemaluan wanita pasca melahirkan. Hal tersebut juga membatalkan puasa dan wajib untuk menggantinya.

6. Menjadi gila


Ketika dalam menjalankan puasa orang tersebut mendadak gila atau tidak waras, maka akan membatalkan puasanya. Oleh sebab itu, sebagai manusia harus menjaga betul-betul pikiran agar tidak berpikiran yang berpotensi bisa menjadikan gila.

7. Murtad


Murtad adalah keluarnya seseorang dari agama islam. Selain membatalkan puasa, orang yang murtad merupakan orang-orang yang tergolong rugi. Karena hanya neraka baginya orang-orang yang murtad. Oleh sebab itu, apabila kita melakukan hal baik yang disengaja maupun tidak dan menyebabkan murtad, maka segera bertobat dan meminta ampunan kepada Allah SWT.


Nah itulah 7 hal yang membatalkan puasa, dengan bertambahnya pengetahuan-pengetahuan yang membatalkan puasa, semoga saja menjadikan puasa kamu menjadi lebih sempurna dan diterima olehnya. Semoga bermanfaat dan jangan lupa baca artikel terkait puasa, yaitu mengenai hal-hal yang makruh dalam menjalankan puasa.

0 Response to "7 Hal yang Membatalkan Puasa"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel