Pengertian Phising dan Cara Mengatasi Phising

Pengertian Phising dan Cara Mengatasi Phising - Kamu pasti pernah menjumpai orang atau mungkin teman kamu sendiri yang menyebarkan suatu promosi mengenai ajakan menonton video p*rno di media sosial (terutama Facebook) berupa tautan (link) untuk kalian klik atau kunjungi. Saya pun masih banyak melihat perihal kasus tersebut, bahkan pada grup-grup seputar pendidikan. Lebih lanjut mengenai pengertian phising? Silahkan lanjutkan membaca.

pengertian phising dan cara mengatasi phising


Pengertian Phising


Phising adalah suatu metode membobol (hack) akun dengan cara menjebak ataupun mengelabuhi targetnya. Jadi, tampilan phising merupakan halaman fake login palsu yang dibuat sama persis dengan halaman fake login aslinya. Maksudnya begini, apabila sasarannya adalah membobol Facebook, maka jika kamu klik tautan phising, kamu akan dihadapkan pada halaman fake login Facebook palsu. Sehingga kemungkinan kalau kamu kurang pengetahuan mengenai phising, kamu pasti akan melakukan sign in untuk melanjutkan tautan tersebut. Padahal dengan melakukan sign in tersebut, kamu sudah terjebak oleh pembuat phising. Dengan kata lain, username (email) dan password mu pun sudah diketahui olehnya.

Setelah itu terjadi, alhasil akun Facebook kamu bisa di bobol oleh oknum pembuat phising tersebut. Pembuat phising akan memanfaatkan akun kamu, biasanya untuk dijual, ambil alih, bahkan dibuat melancarkan penjebakan yang lebih meluas demi kepentingannya sendiri.

Saya atau kamu pun pasti pernah menjumpai akun FB seseorang yang menyebar tautan phising dengan metode ajakan video p*rno, namun pemilik akunnya mengakui kalau dirinya nggak ngerti sama sekali. Pasalnya akun tersebut sudah kebobol dan dimanfaatkan oleh pembuat phising untuk memperbanyak korbannya.

Nah selain Facebook, banyak sekali phising dari akun lainnya. Misalnya game dan akun lainnya yang berhubungan dengan username (email) dan password. Metode menjebaknya pun juga beragam, cuman kebanyakan kalau di media sosial adalah ajakan nonton video p*rno yang menggoda. Kalau di game COC biasanya ajakan buat dapetin gems, elixir maupun gold. Oleh sebab itu, berhati-hatilah dengan ajakan yang mencurigakan

Cara Mengatasi Phising


Sejujurnya, saya sendiri belum pernah terkena jebakan phising. Namun saya malah pernah membuat jebakan phising, hal itupun yang memberi pengetahuan buat saya tentang phising. Namun kamu jangan berpikiran buruk terlebih dahulu tentang saya, saya mencoba membuat jebakan phising akun Facebook hanya untuk iseng-iseng tanpa niat yang buruk. Sampai saat ini pun korbannya belum tahu kalau saya bisa melihat isi akun Facebooknya, namun saya tidak memanfaatkan atau mengambil alih akunnya. Hanya sebatas buat pengetahuan dan coba-coba, itupun saya mencobanya sudah beberapa tahun yang lalu.

Jadi dengan artikel ini, saya mencoba berbagi untuk kamu semuannya. Untuk cara mengatasinnya, apabila akun kamu belum di ambil alih namun dimanfaatkan untuk menebar atau memperluas jebakan phising oleh oknum, segera ganti kata sandi kamu dengan kata sandi yang baru. Sayangnya saya hanya bisa memberi solusi buat yang terkena phising dari akun Facebook, tidak dengan lainnya.

Ada pepatah mengatakan "Lebih baik mencegah daripada mengobati", nah untuk hal ini sebagaiknya kamu menerapkan bagaimana biar akun kamu tidak terkena jebakan phising.

Cara mencegah phising


Untuk cara mencegahnya, setelah kamu membaca poin pertama tentang pengertian phising, maka jika kamu memahami betul, kamu tidak akan terjebak lagi dengan phising. Namun dengan cara lainnya, kamu bisa memberi keamanan yang lebih perihal akun kamu. Kamu bisa memberi keamanan dengan konfirmasi nomor telephon setiap kamu login dengan menggunakan gadget yang berbeda. Untuk tutorialnya, silahkan kamu browsing di Google yang banyak bertebaran artikel terkait.


Nah semoga postingan ini bermanfaat buat kamu semua. Meskipun postingan tak sejalan dengan tema pendidikan, demi kebermanfaatan, semoga menjadi berkah untuk saya ataupun seluruh penduduk Indonesia. - Modul Pendidikan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel