Hikmah Menjalankan Puasa bagi Umat Muslim

Hikmah Menjalankan Puasa bagi Umat Muslim - Kita ketahui bahwa puasa dalam agama Islam ada yang berlaku dengan hukum sunnah, wajib serta adapula yang makruh dan haram (larangan berpuasa). Nah dalam artikel ini Modul Pendidikan akan memposting hikmah menjalankan puasa daripada hikmah puasa sunnah maupun wajib yang memang dianjurkan dan diharuskan untuk berpuasa.

hikmah menjalankan puasa bagi umat muslim


Sebelumnya, modul pendidikan sudah memposting artikel hal-hal yang membatalkan puasa dan hal-hal yang makruh dalam menjalankan puasa. Silahkan dibaca untuk menambah pengetahuan kamu tentang bab puasa.

7 Hikmah Menjalankan Puasa


Berikut ada 7 hikmah menjalankan puasa yang modul pendidikan dapat bagikan.

1. Melatih kesabaran dan ketabahan


Hikmah menjalankan puasa yang pertama adalah melatih kesabaran dan ketabahan. Seperti halnya berpuasa yaitu melatih kesabaran untuk tidak makan dan minum ketika belum tiba waktunya berbuka. Selain itu, segala sesuatu ketika seseorang menjalankan puasa, haruslah menyikapi suatu hal tanpa menggunakan amarah, yang artinya harus dengan sabar dan tabah. Misalnya saja ketika ada musibah atau cobaan yang datang pada diri kita.

Dengan demikian, menjalankan puasa nggak cuman menahan lapar dan haus, akan tetapi juga menahan amarah serta melatih untuk menahan hawa nafsu pula.

2. Menjadikan lebih taqwa


Tidak bisa dipungkiri, ketika hendak memasuki bulan Ramadhan, banyak fenomena-fenomena yang terjadi terkait keislaman, terutama perubahan wanita yang tadinya tidak berhijab menjadi berhijab. Sayangnya hal ini biasanya cuman berlaku hanya ketika di bulan Ramadhan saja, selepas itu, mungkin beda lagi. Semoga kamu nggak!

Selain itu, banyak juga yang berlomba-lomba dalam hal kebaikan dibulan Ramadhan ini. Seperti misalnya bersedekah (membagikan ta'jil misalnya), rutin membaca Al Qur'an (tadarus misalnya), serta menunaikan ibadah puasa itu sendiri yang menambah ketaqwaan kita kepada Allah SWT.

3. Peduli sesama


Seperti pada poin 2 tadi, yaitu mengenai bersedekah dengan memberi / membagikan ta'jil yang dilakukan secara cuma-cuma (ikhlas), maka menjadikan seseorang tersebut menjadi peduli terhadap sesama. Selain itu, sholat tarawih misalnya. Suatu hal yang dilakukan bersama-sama juga dapat menumbuhkan rasa peduli terhadap sesama.

4. Mempererat silaturahmi


Ketika berpuasa (khususnya puasa Ramadhan) di manakah letak hikmah mempererat silaturahmi tersebut? Kita bisa mendapati hikmah tersebut dari melihat adanya kegiatan buka bersama (bukber) yang biasa dilakukan di bulan Ramadhan. Selain itu mungkin ngabuburit bareng, tidur mushola/masjid bareng, dan sholat tarawih yang mana dilakukan lebih banyak jumlah jamaah dari sholat fardhu di selain bulan Ramadhan.

5. Menjadikan pribadi lebih bersyukur


Mungkin pernah mendengar, kalau puasa Ramadhan itu supaya kita (yang menjalankan puasa) dapat merasakan pula seperti mereka (orang fakir miskin) yang kesulitan dalam hal makan disetiap hari-harinya. Nah, dengan menjalankan ibadah puasa, maka rasa mensyukuri nikmat itu akan datang sendirinya dan dapat dirasakan oleh pribadi masing-masing.

6. Menjadikan diri lebih berhati-hati 


Hikmah puasa selanjunya adalah kita juga menjadikan diri kita lebih berhati-hati dalam berbuat atau bertindak. Seperti halnya kita berusaha menahan amarah, menjaga lisan, serta menjaga tindakan atau perbuatan yang dapat mengurangi pahala berpuasa. Hal ini juga termasuk hikmah puasa yang menjadikan pribadi masing-masing lebih baik.

7. Hikmah puasa bagi kesehatan


Nah, puasa yang menahan untuk tidak makan dan minum pada waktu yang telah ditetapkan tersebut, ternyata malah menyehatkan badan lhoo. Hikmah puasa bagi kesehatan beberapa diantaranya adalah dapat mengurangi tekanan darah, kadar diabetes, berat badan, resiko strok, serta sebagai obat maag.


Nah itulah hikmah menjalankan puasa bagi umat muslim baik hikmah secara syar'i dan bagi kesehatan. Subhanallah, beruntunglah bagi kamu yang beragama Islam dan menunaikan kewajiban puasa yang seharusnya maupun kamu yang menjalankan puasa-puasa sunnah.

Sesungguhnya mungkin masih banyak hikmah-hikmah berpuasa yang bisa didapat, namun dengan kurang sempurnanya artikel ini yang hanya mencantumkan beberapa hikmah berpuasa, semoga saja menjadi ilmu yang bermanfaat bagi semuanya (khususnya umat muslim).

Mau tahu cara dapat uang dari Internet?

0 Response to "Hikmah Menjalankan Puasa bagi Umat Muslim"

Post a Comment