Pandangan Kolb Terhadap Belajar pada Teori Belajar Humanistik

Pandangan Kolb Terhadap Belajar - Setelah sebelumnya modul pendidikan mempublikasikan postingan tentang penjelasan teori belajar humanistik, kali ini modul pendidikan melanjutkan materi mengenai pandangan tokoh yang menganut aliran humanistik. Khusus untuk "pandangan Kolb terhadap belajar".

Pandangan Kolb Terhadap Belajar

Pandangan dua tokoh lainnya nanti mungkin juga akan di ulas di lain postingan. Dua tokoh penganut aliran humanistik lainnya yaitu Honey dan Mumford, dan Habermas. Baca juga penjelasan tentang "teori belajar humanistik"

Pandangan Kolb Terhadap Belajar


Kolb merupakan seorang ahli yang menganut aliran humanistik. Dia membagi tahap-tahap belajar menjadi empat, yaitu tahap pengalaman konkret, tahap pengamatan aktif dan reflektif, tahap konseptualisasi, serta tahap eksperimentasi aktif.

4 Tahap Belajar Kolb


Berikut di bawah ini 4 tahap belajar menurut Kolb, salah satu dari ahli penganut aliran humanistik.

1. Tahap pengalaman konkret


Tahap belajar paling awal menurut Kolb. Tahap ini merupakan tahap ketika seseorang dapat melihat dan merasakan ketika mengalami suatu peristiwa. Namun seseorang tersebut belum memiliki kesadaran tentang hakikat peristiwa yang dialami tersebut.

Ia bisa menceritakan peristiwa yang dialami tersebut, namun belum memahami bagaimana peristiwa tersebut bisa/harus terjadi.

Nah inilah tahap belajar menurut Kolb yang paling awal, yaitu tahap pengalaman konkret.

2. Tahap pengamatan aktif dan reflektif


Ketika seseorang sudah mulai mampu memikirkan bagaimana peristiwa yang dialaminya tersebut bisa terjadi, inilah tahap belajar menurut pandangan Kolb yang ke dua.

Seseorang tersebut sudah mulai mampu dan mencari jawaban bagaimana peristiwa yang dialaminya itu bisa terjadi. Ia mulai berkembang dengan mengembangkan pertanyaan-pertanyaan bagaimana peristiwa itu bisa terjadi, dan kenapa peristiwa itu harus terjadi.

3. Tahap konseptualisasi


Tahap ketiga dari pandangan Kolb terhadap belajar ini adalah ketika sesorang tersebut sudah dapat membuat abstraksi dan mengembangkan konsep, teori, serta hukum maupun prosedur yang menjadi objek perhatiannya.

4. Tahap eksperimentasi aktif


Yang terakhir tahap belajar menurut pandangan Kolb merupakan tahap dimana seseorang sudah mampu mengaplikasikan konsep, teori maupun aturan-aturan pada situasi nyata. Ia sudah mulai menguji dan mempraktekkan teori-teori maupun konsep dengan pemikiran deduktifnya di lapangan.


Nah itulah ke 4 tahap belajar menurut pandangan Kolb yang saling berkesinambungan dalam teori belajar humanistik.

Mau tahu cara dapat uang dari Internet?

0 Response to "Pandangan Kolb Terhadap Belajar pada Teori Belajar Humanistik"

Post a Comment