Apa itu Blog ? Dan Bagaimana Cara Mendapatkan Uang dari Blog

Apa itu Blog ? - Di postingan Modul Pendidikan sebelumnya, yaitu tentang ide peluang bisnis untuk mahasiswa juga sudah sedikit menjelaskan tentang apa itu blog dan bagaimana blog bisa mendapatkan uang. Namun tidak terlalu lengkap ya penjelasan yang dijabarkan! Oleh karena itu modul pendidikan kembali menjabarkan lebih rinci tentang blog, fungsi blog, manfaat blog dan bagaimana sih blog bisa menghasilkan uang dari internet.

apa itu blog

Oke, langsung saja kita masuk pada inti pertama tentang apa itu blog?

Apa itu Blog ?


Karena postingan ini ditujukan untuk pemula, atau kalian yang belum pernah tahu sebelumnya tentang blog, maka di awali terlebih dahulu dengan mengetahui pengertian blog dan yang bagaimana sih blog itu.

Berdasarkan wikipedia, blog merupakan singkatan dari web log yang merupakan aplikasi web yang berisi tulisan-tulisan yang dimuat pada halaman web yang disebut posting.

Media blog pertama kali ini dipopulerkan oleh Blogger.com atau sekarang juga bisa dengan Blogspot.com ( sama saja ). Sedikit mengenai sejarah blog, sebelum diakusisi oleh Google pada tahun 2002 lalu, Blogger.com ini adalah kepemilikan dari perusahaan yang bernama Pyra Labs yang didirikan oleh Evan Williams dan Meg Hourihan.

Kemudian untuk mereka yang mengelola blog, profesinya dikenal dengan Blogger dan aktivitas yang dijalani disebut dengan 'ngeblog' atau blogging. Lalu, yang bagaimana sih wujud blog itu? Tak perlu jauh-jauh untuk mencari contoh yang disebut dengan blog, situs modulpendidikan.com yang sekarang kalian kunjungi ini juga masih tergolong dengan apa yang disebut blog tadi.

Terdapat banyak jenis-jenis blog yang ada, jenis-jenis blog bisa dilihat dari bahasan tulisan-tulisan yang diposting. Seperti halnya Modul Pendidikan ini, postingan sebagian besar adalah tentang pendidikan, maka dengan demikian "modul pendidikan" merupakan jenis blog pendidikan.

Jenis-jenis blog berdasarkan Wikipedia :
Blog politik, pribadi, bertopik, kesehatan, sastra, perjalanan, mode/fashion, riset, hukum, media, agama, pendidikan, kebersamaan, petunjuk, bisnis, pengejawantahan, pengganggu, virus, gaya hidup, dan parenting.

Fungsi Blog dan Manfaat Blog


Mungkin kalian harus mencoba berfikir, bagaimana kalau tidak ada blog maupun Blogger. Apa yang akan mengisi hal-hal yang ada di pencarian Google, yang dikenal dengan sumber ilmu dan informasi masa kini ini.

Ketika kalian membutuhkan informasi dan mencarinya di Google, maka akan ada daftar dari blog-blog yang menyediakan solusi atau informasi yang sedang kalian butuhkan di pencarian Google tersebut.

Fungsi blog ini tak lain adalah sebagai sarana berbagi. Dan manfaatnya, Blogger bisa berbagi. Kalau dijabarkan lebih luas, fungsi dan manfaat blog sangat beragam. Yang lain misalnya blog merupakan sarana untuk mendapatkan uang dari internet, dan blogger bisa menghasilkan uang dari internet. Baca sampai selesai!

Cara Membuat Blog


Nah untuk sekarang ini, media untuk membuat blog sudah banyak ya selain dari Blogger.com tadi. Salah satu lainnya bisa membuat blog di Wordpress.com.

Untuk pemula, disarankan untuk membuat blog gratis dari Blogger.com/blogspot.com. Untuk membuatnya langsung menuju alamat url media membuat blog www.blogger.com. Sebelum membuat blog, kalian harus punya akun Gmail terlebih dahulu ya.

cara membuat blog, apa itu blog

Kemudian ikuti langkah-langkah membuat blog gratis di Blogger.com. Kalau ada yang tidak dimengerti, silahkan browsing di Google terlebih dahulu.

Cara Mendapatkan Uang dari Blog


Untuk pemula, ketika kalian ingin cepat-cepat mendapat uang dari blog meskipun blog belum banyak memiliki pengunjung, kalian bisa mencari uang dengan mengikuti lomba blog. Namun di sini kalian juga harus memiliki kemampuan menulis yang bisa dibilang, harus cukup terasah. Karena untuk menjadi juara, kalian harus bersaing dengan para peserta lomba blog lainnya yang merupakan pesaing-pesaing yang kebanyakan sudah mahir dan tidak bisa diremehkan dalam hal menulis.

Untuk saat ini, setiap bulan masih selalu ada pihak-pihak yang menyediakan lomba blog. Jadi, peluang setiap bulannya untuk menang, bisa kalian dapatkan dengan terus belajar dan berlatih.

Kemudian cara mendapatkan uang dari blog selanjutnya ketika blog kalian sudah banyak mendapat pengunjung, kalian bisa mendaftarkan blog untuk menjadi tempat publisher periklanan. Baik iklan CPC, CPA, PPC, Iklan Mitra, Iklan Affiliate, dan lain-lain. Salah satu periklanan yang digemari Blogger-blogger untuk mendapatkan uang dari blog adalah dengan menjadi Publisher Google Adsense.

Untuk mendapatkan uang dari blog ini seharusnya tidak terlalu terburu-buru, dengan membuat blog berkualitas, kemampuan teknik-teknik ngeblog yang terasah, dan ketika sudah sukses mendapatkan banyak pengunjung, maka silahkan cari informasi lebih detail tentang periklanan yang bisa sebagai sumber mendapatkan uang dari blog tersebut.


Nah itulah postingan tentang apa itu blog ? dan bagaimana cara mendapatkan uang dari blog.

0 Response to "Apa itu Blog ? Dan Bagaimana Cara Mendapatkan Uang dari Blog"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel