Peluang Bisnis untuk Mahasiswa dengan Modal Kecil

Peluang Bisnis untuk Mahasiswa dengan Modal Kecil - Kalian mahasiswa atau anak kuliah? Sebagian besar mahasiswa atau anak kuliahan, pasti memiliki ide-ide kreatif untuk mendapatkan penghasilan di samping kegiatan mereka sebagai seorang mahasiswa. Tujuannya tak lain untuk menambah uang saku, dan tujuan yang lebih besar lagi.

Namun banyak juga dari mereka yang ingin mendapat penghasilan ketika masih menjadi mahasiswa, namun bingung mengenai sumber penghasilan yang didambakan tersebut supaya bisa didapat.

peluang bisnis untuk mahasiswa dengan modal kecil

Nah pada postingan ini, modul pendidikan memposting tentang ide-ide "peluang bisnis untuk mahasiswa dengan modal kecil". Sebelumnya modul pendidikan tekankan, ide-ide di bawah hanya sebatas ide-ide saja, segala resiko dan kemungkinan yang terjadi, tergantung dengan apa yang kalian jalani dan bukan merupakan tanggung jawab kami.

10 Peluang Bisnis untuk Mahasiswa dengan Modal Kecil


1. Menjadi Blogger


Apa sih Blogger itu? Secara singkat, Blogger adalah orang yang mengelola dan memiliki blog. Untuk lebih jelasnya, silahkan browsing terkait Blogger.

Blogger ini merupakan ide bisnis pertama dengan modal yang kecil ( maksudnya modal materi ya ). Kalian hanya membutuhkan kuota internet yang mana kuota internet sekarang ini sudah termasuk kebutuhan pokok anak muda (khususnya). Hanya dengan modal itu, kamu sudah bisa membuat blog dengan platform gratisan seperti blogspot.com.

Lalu, dari mana sumber penghasilan Blogger?

Untuk sumber penghasilan menjadi Blogger cukup beragam. Kamu bisa mendaftarkan blog yang sudah kamu buat yang sudah memiliki pengunjung untuk menjadi Publisher periklanan seperti PPC, CPC, CPA, periklanan mitra dan lain-lain. Kamu juga bisa mengikuti kompetisi-kompetisi blog dengan hadiah-hadiah yang lumayan besar jika kamu bisa menjadi juara.

2. Menjadi YouTuber


Kalian pasti sudah tau kan mengenai Youtuber. Nah akhir-akhir ini banyak sekali yang tertarik untuk menjadi Youtuber. Yang membuat menarik, tak lain adalah Youtuber bisa berpenghasilan. Bahkan ada gimik-gimik kalau Youtuber Indonesia ada yang sampai melebihi banyaknya gaji Presiden RI soal penghasilan.

Nah untuk menjadi Youtuber ini modal kuotanya cukup banyak ya, karena kamu harus mengupload video di situs Youtube. Tapi silahkan berfikir kreatif supaya dapat mengupload video tanpa harus memakan banyak kuota data pribadi.

Jangan lupa untuk monetize video yang di upload di Youtube untuk mendapatkan penghasilan. Bagaimana cara monetize video, silahkan browsing ya.

3. Jasa Menulis Artikel


Di kalangan Blogger, peran penyedia jasa menulis artikel ini juga sangat membantu untuk Blogger-blogger yang membutuhkan. Apalagi jika kamu dapat menyediakan jasa penulis artikel dalam bentuk bahasa Inggris, pasti laku.

Namun, jasa menulis artikel ini biasanya yang dibutuhkan tidak hanya menulis begitu saja, teknik-teknik untuk menguasai search enginge pun biasanya juga dibutuhkan.

Selain menyediakan jasa penulis artikel sendiri, kamu juga bisa menjadi Freelancer menulis artikel di situs-situs besar. Misalnya seperti UC News dan BaBe. Tentu juga akan dibayar berdasarkan ketentuan penyedia freelancer tersebut.

4. Dropship atau Reseller


Ini merupakan bisnis online untuk mahasiswa yang berikutnya. Kalian tahu kan Online Shop yang banyak bertebaran di media sosial? Nah biasanya olshop-olshop tersebut mendapatkan barang yang dijualnya dengan cara Dropship atau dengan menjadi Reseller.

Kalau dropship, tentu kamu tidak perlu membutuhkan modal, kamu hanya mempromosikan barang dagangan dari Supliyer dan apabila ada yang berminat membeli, kamu tinggal membelinya dari supliyer tersebut dengan uang konsumen yang membeli tadi dan barang langsung dikirimkan dari supliyer ke konsumen. Di sini kamu jangan lupa untuk mencari untung ya.

Kemudian kalau Reseller kamu harus menyetok barang terlebih dahulu dengan membeli dari Supliyer. Biasanya secara lusinan dan minimal setengah lusin untuk mendapat harga reseller, lalu menjualnya lagi.

5. Pulsa Elektrik


Bisnis anak kuliah modal kecil selanjutnya adalah pulsa elektrik. Bisnis ini mungkin sudah banyak digandrungi khusunya untuk kalangan pelajar. Tentu karena modal yang kecil, laku pasti, dan mendapat keuntungan. Selain pulsa elektrik kamu juga bisa menyediakan untuk pembelian kuota paket data. Baca Juga :  5 Alasan Kenapa Kamu Harus Kuliah

6. Jualan Bensin


Hampir sama dengan jualan pulsa, bensin juga merupakan kebutuhan yang hampir setiap hari dibutuhkan bagi mereka yang memiliki kendaraan berbahan bakar minyak. Namun laku atau tidaknya penjualan bensin ini juga tergantung dengan strategis atau tidaknya lokasi penjualan kamu. Misalkan kalau di dekat pom bensin besar, pasti jualan bensin kamu tidak laku. Karena konsumen sudah pasti memilih beli bensin di pom karena lebih murah.

Nah kamu harus bisa menentukan lokasi yang strategis sendiri. Kemudian jualan bensin dengan modal kecil ini yang dimaksud bukanlah dengan membeli alat pertamini/pom mini. Kamu bisa menggunakan botol bensin literan saja karena modal yang pastinya lebih kecil ketimbang beli pom mini yang harganya masih jutaan.

7. Jasa Desain Grafis


Nah kemudian apabila kamu jago dalam desain grafis, kamu juga bisa menawarkan jasa desain grafis ke media sosial atau media freelancer seperti fiver dan freelancer.com. Jasa desain grafis ini juga sangat beragam, misalnya kamu bisa menawarkan jasa pembuatan logo, vector, pembuatan banner dan lain-lain. Dan yang pasti, harus mendapat upah ya.

Nah kalau kamu tidak jago desain grafis, silahkan pelajari mulai sekarang, karena banyak tutorial bertebaran di internet tentang desain grafis.

8. Jualan Gorengan atau Makanan Ringan


Jualan gorengan atau makanan ringan ini juga bisa dijadikan untuk peluang bisnis mahasiswa. Kamu bisa menjualnya di kampus atau tempat-tempat yang strategis. Kemudian kamu juga harus mengkalkulasi modal yang dibutuhkan untuk usaha gorengan atau makanan ringan ini yang cenderung membutuhkan modal kecil.

Ide jualan gorengan atau makanan ringan misalnya bisa menjual tahu petis, kripik ketela dan pikirkan usaha kuliner untuk mahasiswa yang lebih kreatif lagi. Mungkin bisa jualan yang bahan pokok pembuatannya sudah langka.

9. Bisnis Jasa Pengiriman atau Transportasi Online


Maraknya jasa pengiriman maupun transportasi online ini juga bisa kamu manfaatkan untuk membuat bisnis jasa pengiriman atau transportasi online sendiri bersama teman-teman kamu sebagai tim. Tentu kamu juga harus mengetahui rute-rute yang akan kamu gunakan untuk bisnis ini.

10. Membuka Les-les an


Nah terakhir, kamu juga bisa membuka les-lesan untuk mengajari mereka yang masih belajar di bangku SD, SMP maupun SMA. Di sini kamu juga harus bertanggung jawab dengan benar ya, mengenai pengajaran untuk les tersebut. Dan untuk harga patokan les, sediakan harga yang meringankan.


Nah itulah peluang bisnis untuk mahasiswa dengan modal kecil. Selanjutnya apabila kamu mahasiswa yang sudah mempunya bisnis, jangan lupa untuk berbagi pada kolom komentar di bawah.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel