10 Cara Jitu Menghilangkan Kebiasaan Lupa

Cara Menghilangkan Kebiasaan Lupa - Memiliki kebiasaan sering lupa akan suatu hal, tentu sangat membuat resah hidup ini. Apalagi yang dilupakan itu ketika hal-hal penting yang harusnya segera dilakukan, atau yang seharusnya diingat selalu di masa depan. Kebanyakan orang mengalami sering lupa ketika lanjut usia, atau telah dalam usia senja. Hal ini dikarenakan daya ingat otak yang menurun, yang disebabkan oleh faktor usia (biasa disebut pikun).

Tapi tak sedikit pula yang masih muda, sudah sering lupa saja! Ketahui penyebab-penyebabnya di Penyebab Sering Lupa pada Usia Muda

menghilangkan kebiasaan lupa

Nah untuk menghilangkan kebiasaan lupa tersebut banyak cara dan metode yang bisa dilakukan, baik dengan mengonsumsi obat sering lupa dari obat lupa tradisional maupun modern, dan melakukan atau menerapkan aktivitas positif yang memberi dampak menghilangkan kebiasaan pelupa.

Berikut di bawah ini rangkuman dari Modul Pendidikan dari berbagai sumber, untuk "cara menghilangkan kebiasaan lupa".

Cara Menghilangkan Kebiasaan Lupa


1. Istirahat yang cukup


cara mengatasi pelupa di usia muda
Gambar : Sleepydeep dot com

Kurangnya tidur, atau istirahat merupakan salah satu penyebab kamu sering mengalami lupa di usia muda. Nah untuk mengatasi hal tersebut, sebaiknya kamu memberikan waktu tidur yang cukup untuk mengistirahatkan otak dan saraf-sarafnya.

2. Jangan mengonsumsi rokok, narkotika, alkohol, dan beberapa jenis obat-obatan


cara mengatasi sering lupa

Selain berpengaruh untuk fungsi sistem otak, rokok, narkotika, dan alkohol juga merupakan suatu hal yang dilarang untuk dikonsumsi sembarangan dan berlebihan. Karena dapat menjadi pemicu buruk bagi kesehatan, hingga berpotensi kematian.

Selain itu beberapa jenis obat-obatan yang dapat menyebabkan kamu sering lupa adalah obat-obatan berjenis narkoba, obat tidur, obat anti depresi, dan lain-lain. Apabila kamu mengonsumsi obat-obatan pemicu menurunnya daya ingat tersebut secara rutin (misalnya obat tidur), hendaklah berkonsultasi kepada dokter untuk mempertimbangkan, atau mencari jalan terbaik.

3. Jangan asal mengonsumsi makanan


sering lupa dan kurang konsentrasi
Gambar : Boldsky dot com

Sebelum mengonsumsi makanan, alangkah baiknya kamu mengetahui kadar dari bahan pembuatan manakan tersebut. Makanan yang dapat mengganggu daya ingat, adalah makanan yang memiliki kandungan MSG (Mononatrium glutamat) tinggi. Makanan yang memiliki kandungan MSG tinggi dapat mengakibatkan peredaran darah menuju otak tidak lancar. Oleh sebab itu, hindari makanan yang memiliki kandungan MSG tinggi.

Selain itu, hindari pula makanan seperti Junk Food (makanan rendah gizi), makanan tinggi lemak, dan tinggi kolestrol. Karena model makanan tersebut juga merupakan makanan yang dapat mengganggu peredaran darah menuju otak.

Makanan yang direkomendasikan oleh ahli kesehatan untuk mencegah lemahnya sistem kerja otak, adalah makanan yang mengandung banyak vitamin E. Makanan yang mengandung banyak vitamin E seperti halnya adalah makanan berjenis kacang-kacangan yang mampu meningkatkan sistem kerja otak.

4. Rajin berolahraga secara rutin


obat tradisional lupa
Gambar : Bohochicnyc dot com

Selain harus mengonsumsi makanan sehat supaya peredaran darah tetap lancar, kamu juga bisa melakukan olahraga secara rutin. Di samping manfaat olahraga secara rutin ini mampu memperlancar peredaran darah pada tubuh, manfaat lainnya juga dapat memperlancar suplai oksigen yang ada pada otak.

Kita ketahui, kurangnya suplai oksigen pada otak juga merupakan salah satu penyebab sering lupa. Kemudian suplai oksigen yang lancar pada otak, berfungsi untuk mengoptimalkan kemampuan otak dan membantu pertumbuhan sel-sel baru yang ada pada otak.

5. Mengonsumsi air putih yang cukup


obat sering lupa
Gambar : Secondwindwater dot com

Mengonsumsi air putih sangat berguna untuk kesehatan, karena berperan mengoptimalkan seluruh fungsi organ tubuh. Termasuk juga organ yang ada pada otak. Oleh karena itu, dalam sehari-hari minumlah air putih yang sehat dan cukup.

6. Selalu fokus


fokus, cara menghilangkan kebiasaan lupa
Gambar : Footage dot framepool dot com

Untuk mengingat suatu hal, atau tidak ingin melupakan suatu hal. Usahakan selalu fokus pada satu hal tersebut. Misalnya ketika guru menerangkan pelajaran di kelas, supaya kamu mengingat pelajarannya, kamu harus fokus pada apa yang sedang disampaikan oleh guru.

7. Membuat catatan dan menumbuhkan kebiasaan


membuat catatan untuk mengatasi lupa
Gambar : Irisreading dot com

Alternatif supaya tidak mudah lupa adalah mencatat, baik jadwal maupun hal-hal penting lainnya. Selain itu tumbuhkanlah kebiasaan menaruh benda pada tempat yang sama ketika mengambilnya, supaya sistem kerja otak menjadi lebih ringan. Hal ini juga untuk mengatasi kebiasaan seringnya lupa seperti halnya benda-benda kecil seperti kunci, potongan kuku, headset, dan lain-lain.

8. Jangan panik


jangan panik, menghilangkan lupa
Gambar : Minddisorders dot com

Kebiasaan orang lupa akan suatu hal, kebanyakan terjadi karena panik atau buru-buru. Hal ini mengakibatkan kamu melupakan suatu hal, yang bisa saja sifatnya sangat penting. Oleh sebab itu, ketika kamu mulai merasa panik dan terburu-buru, cobalah untuk menarik nafas dan berpikir dengan rileks.

9. Jangan cemas dan berpikiran berat


jangan cemas, menghilangkan kebiasaan lupa
Gambar : Dupontdental dot com

Cemas kemudian menumpuk pikiran yang berat dalam otak, dapat menyebabkan stres dan gangguan pada saraf otak. Akibat fatalnya seseorang bisa saja mengalami gila, atau tidak sadar diri. Jadi, jangan terlalu mencemaskan suatu hal, dan memikirkannya terlalu berat atau dalam. Cobalah untuk berpikir rilek, dan berpikir dari sisi positif suatu hal tersebut.

10. Asah kemampuan otak


cara menghilangkan kebiasaan lupa dengan mengasah kemampuan otak
Gambar : Cnbc dot com

Nah, supaya sistem saraf pada otak selalu bekerja secara optimal. Kamu juga harus selalu mengasah kemampuan otak, supaya terbiasa digunakan untuk berpikir dan mempertajam daya ingat. Cara yang bisa dilakukan untuk mengasah kemampuan otak, bisa dengan melakukan kegiatan positif seperti belajar ilmu pengetahuan, membaca, menghafal, dan lain-lain.


~SELESAI~

0 Response to "10 Cara Jitu Menghilangkan Kebiasaan Lupa"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel