Penyebab Sering Lupa pada Usia Muda + Cara Mengatasinya

Penyebab Sering Lupa - Sebagai manusia, yang merupakan makhluk yang diciptakan paling sempurna karena dibekali dengan otak dan pikiran, tentu pernah mengalami yang namanya lupa akan suatu hal dalam pikirannya. Nama penyakit lupa populer dikenal dikalangan medis dengan nama Alzheimer. Mungkin kalau dilingkungan masyarakat, biasa disebut pikun.

Pikun atau penurunan daya ingat, kebanyakan terjadi pada manusia yang telah lanjut usia atau yang tergolong dengan usia manusia tua. Akibatnya, mereka akan mengalami sering lupa akan suatu hal pada pikirannya.

penyebab sering lupa

Namun bagaimana apabila penyakit sering lupa ini dialami pada usia yang tergolong masih muda. Nah di bawah ini penyebab sering lupa pada usia muda.

5 Penyebab Sering Lupa pada Usia Muda


1. Kurang Tidur


Pagi ngantuk, malam insomnia atau gak bisa tidur. Nah itulah kebanyakan yang dialami oleh Generasi Millenial saat ini. Tidur larut malam yang menyebabkan kurangnya waktu tidur ini ternyata menjadi penyebab kamu sering lupa! Gangguan di generasi millenial kenapa sering tidur larut malam dan sulit tidur, adalah adanya gadget dan semacamnya. Hal ini menjadikan tidur kamu tidak berkualitas, dan menyebabkan sering lupa di usia muda.

2. Merokok


Selain larangan mengkonsumsi rokok karena menyebabkan kanker dan serangan jantung, ternyata partikel atau racun yang ada pada rokok tersebut juga dapat mengakibatkan kemunduran daya ingat si perokok. Tak heran banyak anak muda yang mengalami sering lupa, karena kebanyakan merokok di usia muda.

3. Mengonsumsi Minuman Keras (Alkohol)


Mengonsumsi minuman keras, biasanya ditujukan supaya lupa akan masalah yang dialami dalam kehidupannya. Manusia yang kebanyakan masalah biasanya larinya ke minuman keras, nah minuman keras ini dapat menjadi penyebab lupa dalam jangka waktu yang pendek. Namun juga dapat memungkinkan terjadinya gangguan pada pikiran dan menjadi penyebab penyakit lainnya.

4. Efek Mengonsumsi Obat-obatan


Efek mengonsumsi obat-obatan juga merupakan penyebab kamu sering mengalami lupa, apalagi obat-obatan jenis Narkoba. Jika kamu merupakan seseorang yang rutin mengonsumsi obat-obatan, kamu harus mempertimbangkan lagi untuk mengonsumsinya. Beberapa obat-obatan yang dapat menjadikan kamu sering lupa adalah obat tidur, obat penenang, obat darah tinggi dan darah rendah, beberapa obat penghilang rasa sakit, dan lain-lain.

5. Rasa Cemas dan Stres yang Berlebihan


Apabila kamu merupakan seseorang yang mudah cemas dna stres akan suatu hal yang rumit, kamu harus melatih otak kamu supaya tidak gampang cemas dan stres lagi. Rasa cemas dan stres biasanya terjadi karena banyak masalah yang datang, dan mengakibatkan pikiran yang terlalu dalam dan terdapat rasa takut. Nah rasa cemas dan stres yang berlebihan ini juga berpotensi menjadikan seseorang gila, atau gangguan pikiran yang besar.

Cara Menghilangkan Kebiasaan Lupa


Nah untuk menghilangkan kebiasaan sering lupa, kamu bisa memulai dengan mengatasi penyebab-penyebab sering lupa di atas. Seperti tidur yang cukup, berhenti merokok apabila kamu perokok, menghindari mengonsumsi minuman keras dan obat-obatan yang berpotensi menurunkan daya ingat, serta melatih otak supaya tidak mudah berpikir cemas dan mengalami stres.

Selain itu, kamu juga harus menerapkan pola hidup yang sehat dan melatih otak untuk biasa berpikir, supaya tidak sering mengalami lupa.

Menjadi pelupa tentu ngeselin banget, kebayangkan kalau hal penting yang mau dilakukan, seketika terlupakan begitu saja. Mengingat-ingat hal yang penting juga ngeselin banget kalau ujung-ujungnya gak ingat. Baca lebih lengkap : Cara Menghilangkan Kebiasaan Lupa


~SELESAI~

Mau tahu cara dapat uang dari Internet?

0 Response to "Penyebab Sering Lupa pada Usia Muda + Cara Mengatasinya"

Post a Comment