Teori Belajar Bruner dengan 3 Tahapan Proses Belajar

Teori Belajar Bruner – Jerome S. Bruner merupakan salah satu ahli teori belajar dari Universitas bergengsi di Amerika Serikat, yaitu Harvard University. Jerome S. Bruner merupakan seseorang yang sangat terkenal dalam dunia pendidikan, khususnya dalam pendidikan matematika. Dalam studinya, ia telah berhasil menulis “perkembangan belajar”, yang merupakan tentang suatu cara untuk mendefinisikan belajar.

teori belajar bruner, tahapan proses belajar

Baca Juga : Pandangan Kolb Terhadap Belajar
Nah pada artikel "teori belajar bruner" ini, Modul Pendidikan membagikan "3 tahap proses belajar menurut teori Jerome S. Bruner" pada pembelajaran matematika di SD. Berikut tahapan-tahapan tersebut :

3 Tahapan Proses Belajar Menurut Teori Belajar Bruner


1. Tahap Enaktif atau Tahap Kegiatan


Tahap ini mengatakan anak belajar konsep pertama kali adalah berhubungan dengan benda-benda yang sifatnya real, atau mengalami peristiwa nyata di lingkungan sekitarnya. Seperti menyusun, mengutak-ngatik menjejerkan, memanipulasikan, dan bentuk gerakan lainnya yang masih belum harmonis atau masih dalam gerak refleks dan coba-coba.

2. Tahap Ikonik atau Tahap Gambar Bayangan


Pada tahap ini mengatakan anak sudah mengalami perkembangan, yang mana sudah bisa menyimpan suatu peristiwa dalam bentuk bayangan mentalnya, seperti peristiwa yang sudah dijelaskan pada tahap Enaktif tadi. Pada tahap ini anak mampu membayangkan kembali dan memberi gambaran tentang peristiwa yang sudah dialaminya, meskipun peristiwa tersebut sifatnya sudah tidak real lagi, atau sudah berlalu.

3. Tahap Simbolik


Tahap ini merupakan tahap terakhir dari teori belajar bruner. Pada tahap ini, anak sudah bisa mengutarakan bayangan mentalnya baik dalam bentuk simbol maupun bahasa. Ketika anak berjumpa kembali dengan bayangan mental simbol tersebut, maka ia akan langsung bisa mengenalinya kembali. Hal ini dikarenakan bayangan mental tersebut  sudah ditandai. Pada tahap terakhir ini anak sudah bisa mengenali simbol-simbol, dan menjelaskannya dengan bahasanya.

~SELESAI~

Mau tahu cara dapat uang dari Internet?

0 Response to "Teori Belajar Bruner dengan 3 Tahapan Proses Belajar"

Post a Comment