Tips Menghadapi UN (Ujian Nasional) dengan Sukses

Tips Menghadapi UN (Ujian Nasional) - Sebentar lagi UN atau Ujian Nasional untuk tingkat SD, SMP, SMA dan masing-masing sekolah sederajat akan datang di awal tahun nanti. Biasanya dimulai dari tingkat SMA/sederajat pada bulan April nanti, dan disusul oleh tingkat SMP/sederajat dan SD/sederajat setelahnya.

Ujian Nasional merupakan salah satu momok ujian yang paling ditakuti untuk kebanyakan siswa SD/SMP/SMA sederajat. Pasalnya, hasil dari UN tersebut pada umumnya akan menjadi modal penentu untuk melanjutkan studi siswa ke jenjang yang lebih tinggi. Pada waktu pengumuman kelulusan pun media berita di TV, banyak yang mengabarkan adanya siswa yang depresi sampai ke hal yang lebih buruk, yang membahayakan dirinya sendiri. Sungguh tidak patut untuk ditiru!

tips menghadapi un ujian nasional

Nah pada artikel ini Modul Pendidikan akan membagikan beberapa "tips menghadapi UN" yang bisa kamu tiru, supaya sukses menghadapi ujian nasional.

Tips Menghadapi UN (Ujian Nasional)


1. Mempersiapkan Diri Sebelum Ujian Nasional


Cara mempersiapkan diri sebelum ujian nasional beberapa diantaranya adalah dengan menjaga kesehatan, belajar, dan menata niat, juga memahami syarat dan ketentuan dalam UN.

1.1 Menjaga kesehatan sebelum ujian nasional tiba


Pada hari-hari menjelang hari H ujian nasional, biasanya calon peserta UN akan mengalami banyak gangguan yang datang. Salah satunya adalah gangguan pada kesehatan, yang dapat mengganggu otak untuk optimal mengerjaan soal ujian nasional. Nah hal ini bisa kamu rasakan ketika tiba waktunya hari 'H' UN kamu sudah semakin dekat.

Tentu hal semacam ini tidak ingin kamu alami kan? Oleh sebab itu, kamu harus benar-benar menjaga kesehatanmu dengan menjalani pola hidup sehat, dan tidak perlu mengonsumsi pikiran cemas atau takut akan ujian nasional tersebut, atau hasilnya.

1.2 Belajar sebelum ujian nasional


Supaya bisa dan lancar mengerjakan soal ujian nasional, hal yang pasti harus dilakukan adalah belajar. Di sekolah kamu masing-masing pun, siswa akhir pada suatu tingkatan sekolah, biasanya banyak mempelajari latihan-latihan soal, dan kisi-kisi untuk UN. Salah satu contohnya adalah Try Out.

Nah, kamu harus mengikuti semua latihan soal atau program yang diberikan sekolah untuk kelancaran UN, dan belajar dengan sungguh-sungguh supaya hasil dari ujian nasional kamu tersebut memuaskan. Carilah metode belajar yang menurutmu paling efektif dan efisien, supaya yang kamu pelajari tidak sia-sia dan hilang begitu saja. → Bacaan yang direkomendasikan : Tips Belajar Efektif dan Efisian

1.3 Menata niat sebelum ujian nasional


Sebelum hari ujian nasional tiba, kamu harus sudah benar-benar yakin dan siap untuk menghadapinya. Karena bagaimanapun kamu akan melakukannya, jadi tidak perlu adanya ragu tentang kurang tidaknya saku yang telah kamu peroleh dari belajar tadi. Kamu hanya perlu fokus pada ujian nasional, berpikiran positif, serta siap dan yakin. Jangan lupa untuk meminta doa restu orang tua dan biasanya guru-guru pengajar, supaya dilancarkan dalam mengerjakan soal ujian nasional.

1.4 Memahami syarat dan ketentuan ujian nasional


Beberapa syarat dan ketentuan dari ujian nasional umumnya adalah seperti larangan untuk menyontek dan sejenisnya, membawa kartu identitas siswa, membawa alat yang diguanakan untuk ujian nasional, dan memahami petunjuk mengerjakan soal ujian dengan baik dan benar.

Kemudian bagi siswa yang sudah menggunakan sistem ujian online melalui komputer (PC) di sekolahnya, maka harus sudah benar-benar menguasai bagaimana mengoperasikan komputer untuk ujian nasional tersebut.

2. Berdoa


Sebagai seorang yang menganut agama Islam, sudah seharusnya ketika hendak melakukan suatu hal, maka kita berdoa meminta ridho dan memohon yang terbaik kepada Allah SWT. Termasuk ketika hendak menghadapi UN ini.

Begitupula dengan orang yang memiliki agama dan kepercayaan masing-masing, untuk memminta kepada tuhan atau yang diyakininya.

3. Kerjakan Soal yang Paling Mudah Terlebih Dahulu


Nah, supaya waktumu dalam mengerjakan soal UN tidak banyak terbuang sia-sia, caranya adalah mengerjakan soal yang paling mudah dulu. Apabila ada soal yang sulit, atau memerlukan pemahaman yang cukup lama, cepat tinggalkan ke soal berikutnya.

4. Koreksi Kembali Identitas dan Jawaban UN


Ketika semua soal ujian nasional sudah dijawab, alangkah baiknya kamu harus mengoreksi lagi soal dengan jawaban yang kamu berikan. Apakah kiranya sudah paling tepat, atau masih meragukan dan kembali menemukan yang paling tepat. Tebali dan penuhi juga lingkaran jawaban soal ujian, supaya dapat terbaca jelas ketika pengkoreksian jawaban di komputer, untuk yang masih mengerjakan UN menggunakan pensil. Tapi jangan sampai kertas rusak!

Kemudian identitas pada lembar jawaban juga sangat penting untuk dikoreksi ulang, seperti nama, nomor identitas, dan kolom-kolom penting lainnya yang harus diisi tanpa ada yang terlewatkan.

5. Yakin dan Jangan Dipikirkan Lagi yang Sudah Lewat


Ketika waktu mengerjakan soal ujian sudah selesai, yakinlah dengan usaha kerasmu sebelum dan ketika mengerjakan soal ujian tersebut. Jangan lupa untuk selalu berdoa.

Setelahnya jangan dipikirkan lagi, dan optimis untuk menyongsong ujian hari selanjutnya. Biasanya, siswa akan melihat kembali jawaban dari soal yang sudah pernah dipelajari, tapi lupa ketika mengerjakan UN. Akhirnya untuk memastikan jawabannya benar atau tidak, siswa tersebut mengecek ulang jawabannya dari yang sudah dipelajari. Nah ini sebenarnya tidak perlu dilakukan, karena apabila jawabanmu salah, maka otomatis malah akan membebani pikiran.

Setelah selesai ujian nasional, buatlah otakmu refreshing. Dan apabila hasil dari ujian nasional kamu tidak sesuai dengan yang kamu inginkan, jangan sedih dan berkecil hati. Pasalnya hasil nilai dari sekolah itu hanyalah sebagian kecil dari kehidupan yang sesungguhnya, tapi juga bisa memiliki potensi yang besar. Oleh karena itu, jangan depresi atau semacamnya yang memang tidak perlu untuk dialami.


~SELESAI~

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel