8 Cara Mengobati Sariawan dan 5 Penyebab Sariawan

Cara Mengobati Sariawan & Penyebab Sariawan - Selain sakit gigi, sariawan adalah penyakit yang terjadi di dalam area mulut (termasuk tenggorokan). Penyakit sariawan ini juga tidak boleh dianggap remeh, karena rasa sakit yang cukup menyakitkan.

Cara-mengobati-sariawan-dan-penyebabnya

Adapun jika anda telah mendapat sariawan, anda akan mengalami yang namanya malas makan. Hal ini karena jika makanan tersentuh luka sariawan, perihnya begitu menyakitkan. Jika anda malas makan, ini juga akan mempengaruhi pola hidup yang sehat.

Selain malas makan, mungkin untuk berbicara saja terasa sakit.

Nah, untuk saat ini "Modul Pendidikan" akan membuat artikel tentang bagaimana mengobati sariawan. Sebelum itu, alangkah baiknya kita ketahui dulu beberapa penyebab sariawan. Karena dengan mengetahui penyebab sariawan, dari situ kita bisa menemukan cara mengobati sariawan dan mencegah sariawan datang lagi.

Penyebab sariawan yang bisa anda ketahui


1. Berdasarkan medis, penyebab terjadinya sariawan karena kurangnya vitamin C, B 12 serta kurangnya zat besi.

2. Makanan panas dan pedas yang berlebihan. Ternyata, selain untuk mengobati sariawan, makanan pedas dan panas juga dapat menjadi penyebab timbulnya sariawan. Itu terjadi apabila anda mengkonsumsinya berlebihan. Ini bisa anda ketahui karena suatu yang terkena panas dan pedas berlebihan bisa melelehkan, dan ini berlaku pada area dalam mulut.

3. Mengkonsumsi obat-obatan. Fungsi obat-obatan adalah untuk mengobati, itu benar. Tapi obat-obatan juga memiliki dampak negatif pada bagian lainnya. Misal anda mengkonsumsi obat-obatan untuk luka yang ada pada kaki/lainnya, nah hal ini biasanya tidak berfungsi mengobati untuk bagian lainnya. Malah biasanya berdampak negatif.

4. Kebersihan mulut yang tidak dijaga. Malas menjaga kebersihan mulut sudah pasti akan mengakibatkan jamur yang timbul di area mulut sehingga menyebabkan sariawan. Rosulullah SAW selalu menjaga kebersihan area mulut, salah satunya dengan bersiwak. Silahkan anda baca cara hidup sehat Rosulullah SAW.

5. Aktivitas mulut. Yang dimaksud aktivitas mulut ini adalah misalnya mulut atau bagian lainnya tergigit tidak sengaja. Ini bisa menimbulkan luka sariawan, dan yang lainnya bisa terjadi karena tersogok sikat gigi. Untuk mencegahnya, kita harus hati - hati untuk melakukan kegiatan tersebut.


Setelah anda mengetahui beberapa penyebab sariawan, sekarang kita pada tahap mengetahui beberapa cara mengobati sariawan.

Cara mengobati sariawan yang bisa diterapkan



1. Banyak megkonsumsi vitamin C, B 12 dan zat besi


Sesuai penyebab sariawan yang pertama, anda bisa mengkonsumsi makanan - makanan yang mengandung vitamin c, b 12 serta zat besi. Lebih banyak mengkonsumsi hal makanan yang mengandung vitamin / zat besi, maka akan cepat untuk menyembuhkan sariawan.

Selain itu, jika sebelum terkena sariawan anda telah banyak mengkonsumsi hal tersebut. Maka ini bisa sebagai pencegahan timbulnya sariawan.

2. Makanan pedas untuk mengobati sariawan


Sebelum anda terkena sariawan, anda tidak dianjurkan makan - makanan pedas berlebihan. Namun jika anda sudah mendapat luka sariawan, mengkonsumsi makanan pedas / mengoleskan makanan pedas pada luka sariawan bisa dianjurkan.

Hal ini biasa diterapkan oleh orang-orang desa untuk cepat mengeringkan luka sariawan dan menyembuhkan sariawan.

3. Mengobati sariawan dengan obat


Bukan obat lainnya, namun obat yang memang bertujuan mengobati sariawan. Obat ini bisa berupa obat kumur yang juga berfungsi untuk menjaga kebersihan mulut. Selain itu ada juga beberapa obat pil yang bisa dikonsumsi (selama mendapat sariawan) untuk mengobati sariawan, anda bisa menggunakan parasetamol atau mefenamat dengan dosis yang sesuai.

4. Pasta gigi untuk mengobati sariawan


Pasta gigi seperti pada umumnya ternyata bisa digunakan untuk mengobati sariawan. Ini juga salah satu cara mengobati sariawan yang sering saya gunakan, anda tinggal mengoleskan pasta gigi pada bagian luka sariawan.

Dengan mengoleskan pasta gigi pada luka sariawan juga akan membantu mengembalikan nafsu makan anda. Karena setelah dioleskan, luka sariawan yang tersentuh makanan juga tidak begitu terasa perih. Namun ketika mengoleskan pasta gigi ini, akan terasa perih seketika.

5. Campuran garam dengan baking soda


Dengan mencampur garam dengan baking soda, anda bisa membuat obat alami sendiri. Caranya cukup mudah. Silahkan anda campur baking soda dan garam dengan sedikit air, setelah itu oleskan pada luka sariawan anda.

6. Air kelapa untuk mengobati sariawan


Selain untuk mengatasi dehidrasi dan menambah isotonik pada tubuh, ternyata air kelapa juga mampu mengobati sariawan. Ini dikarenakan air kelapa yang pendinginannya bisa menenangkan pencernaan.

Silahkan anda gunakan air kelapa untuk berkumur atau diminum, sebegai pengobatan sariawan ditenggorokan maupun area mulut.

7. Mengkonsumsi yogurt


Mengkonsumsi yogurt dapat menyeimbangkan bakteri pada tubuh, begitu pula bakteri yang ada di mulut. Sehingga dapat berguna untuk cepat menyembuhkan sariawan.

8. Bubuk kopi untuk mengobati sariawan


Nah, ini juga bisa anda coba untuk mengobati sariawan yang ada di mulut. Silahkan oleskan bubuk kopi pada luka sariawan, tunggu beberapa menit kemudian silahkan berkumur.


Nah itulah 8 Cara Mengobati Sariawan & 5 Penyebab Sariawan yang sebaiknya anda ketahui dan bisa anda terapkan untuk mengobati sariawan.

Ingat, sesuai judul artikel ini yaitu "mengobati". Jadi untuk sembuh, anda membutuhkan waktu dan rutin menerapkan cara mengobati sariawan tersebut.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel