Ketahanan Nasional (TANNAS) - Fungsi dan Contohnya

Ketahanan Nasional – Pada postingan artikel kali ini, Modul Pendidikan berbagi materi Pendidikan Kewarganegaraan tentang “KETAHANAN NASIONAL (TANNAS)”. Apa itu Ketahanan Nasional? Berikut materi disajikan :

ketahanan_nasional

Ketahanan Nasional (TANNAS)


Latar belakang ketahanan nasional setiap Bangsa yang ada di muka bumi ini, tentu pernah mengalami berbagai gejolak yang menghantamnya, ketika berupaya mencapai cita-cita nasional suatu bangsa itu sendiri. Berbagai gejolak tersebut baik berupa tantangan, hambatan, ancaman, dan gangguan-gangguan yang membahayakan kelangsungan hidup (baik disebabkan dari luar, maupun dari dalam bangsa itu sendiri). Nah dalam menyikapi hal ini, suatu bangsa perlu memiliki ketahanan nasional seperti kekuatan, keuletan, dan ketangguhan sehingga mampu bertahan dari berbagai hantaman yang bergejolak ketika dalam upaya mencapai cita-cita nasionalnya.

Fungsi Ketahanan Nasional (TANNAS)


Pada dasarnya, konsepsi tannas adalah konsepsi mengenai pengaturan dan penyelenggaraan kesejahteraan serta keamanan dengan seimbang dan serasi dalam kehidupan nasional yang menyeluruh berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 dengan berpedoman pada Wawasan Nusantara. Oleh karena itu, fungsi Tannas adalah sebagai sistem kehidupan dan pola dasar pembangunan nasional, serta mempunyai kedudukan sebagai doktrin, kondisi dan metode memecahkan masalah nasional.

Baca Juga : Syarat Berdirinya Negara

Kedudukan “Ketahanan Nasional (Tannas)” Sebagai Kondisi, Doktrin dan Metode Memecahkan Masalah Nasional


Kedudukan Tannas sebagai Kondisi adalah hasil/output dari keterpaduan hasil pembangunan segenap aspek kehidupan nasional atau astagatra. Keberhasilan meningkatkan Tannas pada masa yang akan datang merupakan cerminan dari keberhasilan yang menyeluruh berdasarkan aspek kehidupan nasional pada saat itu.

Selain kedudukan Tannas sebagai Kondisi, Tannas juga mempunyai kedudukan sebagai Doktrin dan Metode Memecahkan Masalah Nasional. Untuk pengimplementasian Tannas, selalu menampilkan ketiga kedudukan itu. Tannas ini bersifat dinamis dan berubah-ubah berdasarkan kondisi kehidupan aspek kehidupan bangsa, dan dipengaruhi oleh berbagai faktor. Jadi, Tannas tidak bisa tumbuh dengan sendirinya dan tidak bisa untuk selamanya. Oleh karena hal tersebut, Tannas harus terus dibina dan ditingkatkan.

Kemudian contoh ketahanan nasional adalah seperti perjuangan dan kemampuan bangsa Indonesia untuk bertahan menghadapi penjajah, dan melawan untuk mencapai cita-cita dari bangsa tersebut, yaitu kemerdekaan.


~SELESAI~

0 Response to "Ketahanan Nasional (TANNAS) - Fungsi dan Contohnya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel