10 Khasiat Jahe untuk Kesehatan yang Bisa Dimanfaatkan

Khasiat Jahe untuk Kesehatan oleh Modul Pendidikan. Jahe adalah tumbuhan yang pada umumnya dibuat sebagai salah satu bumbu resep masakan / rempah-rempah dan juga sebagai campuran ramuan / obat-obatan. Adapun yang akan saya bagikan kepada anda yaitu mengenai beberapa khasiat jahe untuk kesehatan.

khasiat-jahe-untuk-kesehatan

Yang sering saya dengar dan banyak dibicarakan orang, jahe adalah tumbuhan herbal yang bisa dibuat sebagai minuman (wedang jahe) dan diminum untuk menyaringkan suara (vokalis). Ini adalah salah satu manfaat / khasiat dari tumbuhan jahe.

Ada beberapa lainnya dari khasiat jahe yang bisa anda ketahui. Termasuk khasiat di atas.

Khasiat jahe untuk kesehatan yang dapat dimanfaatkan



1. Khasiat jahe sebagai penghangat tubuh



Jahe banyak dibuat sebagai wedang jahe, seperti halnya dengan teh. Dengan sifat jahe yang menghangatkan tubuh (pedas), ini sangat cocok diseduh dengan air yang masih hangat. Saat cuaca dingin atau tubuh kedinginan, maka bisa timbul rasa dingin / tubuh menggigil yang membekukan syaraf-syaraf pada tubuh. Nah, oleh sebab itu mengkonsumsi wedang jahe yang hangat sangat membantu untuk menghangatkan tubuh. Terutama untuk orang-orang pegunungan, atau kita yang sedang berkunjung kepegunungan, karena sudah pasti cuaca lebih dingin.

2. Khasiat jahe untuk perut kembung


Kita juga bisa mengkonsumsi jahe sebagai wedang jahe untuk mengobati gangguan pencernaan. Gangguan pencernaan yang dapat membuat perut kembung ini juga bisa kita obati dengan memanfaatkan ekstrak dari jahe tersebut.

3. Khasiat jahe untuk obat masuk angin / mabuk darat


Dapat kita lihat khasiat jahe ini yang sudah dibuat ramuan berupa obat dan telah disponsorkan di tv.

Jika anda seorang pemabuk (mabuk kendaraan), anda juga bisa mengkonsumsi ramuan yang mengandung jahe ini agar anda tidak mabuk / mual-mual saat perjalanan.

4. Khasiat jahu untuk melancarkan peredaran darah


Jahe adalah tumbuhan herbal yang memiliki senyawa yang disebut Gingerol. Gingerol inilah yang dapat melancarkan peredaran darah yang menggumpal, karena gingerol pada jahe yang bersifat Antikoagulan.

Dengan khasiat jahe yang satu ini, jika anda mengkonsumsinya, anda telah mencegah terjadinya penyakit serangan jantung dan strok. Karena penyebab utama kedua penyakit bahaya tersebut diakibatkan karena peredaran darah yang tidak lancar atau menyumbatnya pembuluh darah.

5. Khasiat jahe sebagai obat demam, batuk dan peradangan


Masih pada lanjutan khasiat jahe nomor 4. Senyawa Gingerol yang ada pada jahe tersebut juga berdampak positif untuk menyembuhkan penyakit demam, batuk dan peradangan.

6. Manfaat jahe untuk diet


Ternyata, jahe ini juga dapat membantu menurunkan berat badan untuk wanita yang sedang melakukan program diet sehat. Karena khasiat atau manfaat jahe yang dapat melebarkan pembuluh darah, ini juga berfungsi untuk menurunkan berat badan.

Selain itu, jahe juga dapat menjaga kesehatan dan metabolisme tubuh (mengandung antioksidan). Jadi baik untuk diet, dengan mengkonsumsi wedang jahe secara rutin.

7. Penyegahan siklus menstruasi tidak teratur


Masih tentang kesehatan wanita. Di negeri China, khasiat jahe dapat dimanfaatkan untuk mengurangi rasa kram saat wanita datang bulan. Yang mengkonsumsinya dengan membuat teh campuran gula merah dan jahe. Hal inilah yang dapat meneraturkan siklus menstruasi pada wanita.

8. Mengobati penyakit kulit (panu dan sejenisnya)


Ini yang biasa saya lakukan, yaitu jahe sebagai penyembuhan penyakit kulit seperti panu dan sebagainya. Caranya sangat mudah, tinggal anda cari jahe, kemudian bersihkan dengan air, setelah itu potong. Muka potongan dari jahe tersebut, gosokkan pada penyakit kulit anda, misal panu. Lakukan secara rutin, maka akan terlihat khasiatnya.

9. Mencegah kanker


Siapa yang tidak ngeri kalo mendengar penyakit berbahaya yang satu ini. Selain serangan jantung dan strok, ternyata jahe juga salah satu tumbuhan herbal yang dapat mencegah kanker.

Ekstrak jahe yang mengandung senyawa dan nutsrisi ini, memiliki banyak khasiat. Beberapa yang telah saya sebutkan di atas. Selain itu, cara pencegahan timbulnya penyakit yang mematikan ini, cara baiknya dengan menjalani pola hidup sehat yang benar.

10. Menghaluskan suara / menyaringkan suara


Ini sebenarnya sudah saya sebutkan pada pembukaan postingan khasiat jahe untuk kesehatan, tapi akan saya ulang dan berbeda.

Nah, tidak hanya penyanyi desa, mungkin juga penyanyi-penyanyi terkenal. Untuk menjaga kesehatan suara agar suara lebih nyaring, penyanyi/vokalis tersebut memanfaatkan jahe. Meskipun dalam bentuk apapun, tapi tetap kebanyakan ramuan/obat tersebut mengandung jahe.

Nah, itulah 10 Khasiat Jahe untuk Kesehatan

Mau tahu cara dapat uang dari Internet?

0 Response to "10 Khasiat Jahe untuk Kesehatan yang Bisa Dimanfaatkan"

Post a Comment