Cara Membuat Blog Gratis di Blogspot dengan Cepat

Membuat Blog Gratis - Sebelumnya Modul Pendidikan sudah memposting artikel tentang "Apa itu Blog". Silahkan baca terlebih dahulu apabila belum mengetahui tentang blog. Kalau sudah mengerti, silahkan melanjutkan membaca postingan ini supaya bisa membuat blog gratis di Blogspot.

cara membuat blog gratis di blogspot

Membuat blog bisa sangat mudah, dan cepat bagi mereka yang memang sudah lama berkecimpung menjadi Blogger. Tidak perlu membutuhkan panduan lagi, karena sudah terbiasa dengan langkah yang perlu diterapkan. Yang awam pun tidak menutup kemungkinan akan cepat menguasai langkah membuat blog gratis di Blogspot, karena memang langkahnya yang begitu mudah.

Namun, yang perlu kamu pentingkan ketika hendak membuat blog adalah bagian persiapan sebelum membuat blog.

Apa saja yang perlu dipersiapkan untuk membuat blog?

Oke, silahkan baca persiapan-persiapan penting ketika hendak membuat blog di bawah ini :

Persiapan Membuat Blog


1. Siapkan Nama dan Url Blog Sebelum Membuat Blog


Meskipun nama dan url blog tidak menjamin blog kamu sukses, tapi ini merupakan bagian yang penting supaya blog yang kamu buat sukses, dan tidak menyesal di kemudian hari. Karena, banyak studi kasus Blogger-blogger yang baru membuat blog, dan di kemudian hari mendapati nama dan url blog menjadi tidak cocok (membosankan) dan akhirnya membuat blog dari awal.

Oleh karena itu, siapkan nama dan url blog dengan sebaik-baiknya. Nah, berikut di bawah ini adalah ide bagaimana seharusnya menentukan nama dan url blog.

1.1 Nama Blog untuk Personal Blogger


Personal Blogger biasanya blog ber-niche campuran atau berupa gaya hidup dari Blogger tersebut. Nah, nama dan url yang cocok untuk tipe blog seperti itu adalah nama asli dari pemiliknya/Blogger itu sendiri. Contoh, apabila kamu mempunyai nama Andi maka nama blog bisa dibuat "Andi Blog, Catatan si Andi, dll". Kemudian nama url bisa "catatanandi. andiblog, kak-andi, dll". Yang bagus, yang memiliki keterkaitan dengan kehidupan pribadi, seperti nama asli, profesi, dll.

1.2 Nama Blog untuk Tujuan Monetize


Nah kalau yang ini adalah blog yang memang dibuat dengan tujuan untuk mendapatkan uang. Mendapatkan uang dari blog gratisan Blogspot, bisa dengan memonetize blog menjadi Publisher suatu periklanan (Misal : Google Adsense), atau menargetkan untuk brand produk yang dimilikinya sendiri. Dengan kata lain blog untuk penjualan.

Ciri-ciri nama blog yang cocok untuk tujuan tersebut adalah :

  1. Nama dan url blog berkaitan dengan niche
  2. Nama dan url berkaitan dengan brand atau produk yang dijual

Misalnya, apabila kamu hendak membuat blog dengan niche kesehatan, maka nama dan url blog sebaiknya terdapat embel-embel "kesehatan". Begitupula dengan blog yang ditargetkan untuk penjualan, misalnya apabila menjual kaos, maka bisa menggunakan naman blog "Jual Kaos Murah" dan url blog "jualkaos". Mungkin kalau kamu membuat blog untuk penjualan dengan nama brand sendiri, bisa dengan nama blog "Jual Kaos Murah - Andi Store" dan url blog bisa "andistore".

2. Memantebkan Niche/Tema untuk Blog yang Akan Dibuat


Kemudian kamu juga harus menentukan dan memantebkan niche, atau apa saja pembahasan yang akan dibuat konten blog untuk jangka waktu yang panjang. Karena, banyak Blogger yang berhenti di tengah jalan disebabkan malas, atau sulitnya niche blog yang digarap (salah niche). Sehingga kamu harus benar-benar memilih niche yang manteb, supaya blog kamu nanti sukses.

Untuk menentukan niche, biasanya sesuai bidang yang dikuasai. Ada juga yang blognya berisi campuran. Kemudian bisa juga mencari ide niche yang berdasarkan "kategori" dari suatu e-commerce juga (mis : kamera, gadget, dan kategori produk lainnya).

Car Membuat Blog Gratis di Blogspot


Kemudian ke bagaimana cara mudah membuat blog gratis di Blogspot.

Syarat yang dibutuhkan, kamu harus sudah mempunya akun Google Mail (Gmail) terlebih dahulu. Apabila belum punya, silahkan menuju gmail.com untuk membuatnya terlebih dahulu. Kalau sudah, berikut langkah-langkah membuat blognya :

1. Kunjungi halaman Blogspot.com atau Blogger.com, sama saja.

2. Klik CREATE YOUR BLOG

3. Login akun Gmail (apabila diharuskan login dulu)

4. Pilih Profil

cara membuat blog gratis 1

Kamu bisa menggunakan profil dari Google Plus, atau langsung dari profil terbatas. Kalau menggunakan Google Plus harus menuju ke halaman Google Plus dulu, jadi lebih mudah pilih Buat profil Blogger terbatas.

5. Isikan nama profil Blogger kamu

cara buat blog sendiri

6. Klik BUAT BLOG BARU

cara membuat blog di blogger

7. Silahkan masukkan Judul dan Alamat URL blog yang sudah dipersiapkan sebelumnya

cara membuat blog gratis dan menghasilkan uang

Perhatikan kalimat "Alamat blog ini tersedia" yang sudah dilingkari. Apabila ketika memasukkan Alamat url kamu yang muncul bukan tulisan tersebut, maka kamu harus mencari alamat url lainnya. Artinya url yang kamu inginkan sudah digunakan orang lain. Nah kamu bisa mengubah atau mengedit url dengan tanda baca penghubung atau underscor, untuk mencari alamat blog yang tersedia.

Kemudian pilih Tema atau Template untuk tampilan blog kamu.

8. Klik Buat blog!


Cara membuat blog gratis selesai! Blog kamu sudah berhasil dibuat. Selanjutnya tinggal bagaimana mendesain/mengedit tampilan, membuat konten/artikel, dan menerapkan teknik optimasi mesin pencari (SEO).

0 Response to "Cara Membuat Blog Gratis di Blogspot dengan Cepat"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel