6 Tips Cara Hidup Sehat Rosulullah SAW Menurut Umat Islam

Cara hidup sehat Rosulullah SAW -  Rosulullah SAW adalah panutan bagi setiap umat muslim yang ada, hampir dalam berbagai hal. Kali ini saya akan menshare tentang pola hidup rosulullah SAW yang patut kita tiru sebagai cara hidup sehat menurut islam.

tips-cara-hidup-sehat-rosulullah-saw

Pola hidup sehat menurut medis sebenarnya juga sudah sangat bagus untuk diterapkan (daripada tidak), namun bisa lebih baik lagi jika bisa meniru gaya hidup Rosulullah SAW.

Dan pada artikel ini sebenarnya cenderung pada sifat cara hidup Rosulullah SAW, dengan tata caranya yang sangat baik. Dan lebih meluaskan penjabaran dari artikel cara hidup sehat menurut medis.

Inilah cara hidup sehat Rosulullah SAW


1. Berolahraga


Berolahraga juga menjadi cara hidup sehat Rosulullah SAW. Selain itu, Rosulullah SAW juga sering melakukan perjalanan jauh (hijrah), untuk mensiarkan agama islam. Jadi, olahraga sangat dianjurkan untuk cara hidup sehat umat islam.

Berdasarkan dari berbagai sumber, “sholat” juga bagian dari olahraganya umat islam.

2. Tidur dan beristirahat


Tidur menurut cara hidup sehat medis adalah selama 8 jam, namun Rosulullah SAW tidak selama itu untuk tidur. Karena Rosulullah SAW cepat tidur dan cepat bangun, jadi bisa kemungkinan kurang dari 8 jam seperti anjuran cara hidup sehat medis.

Selain itu Allah SWT tidak menyukai suatu hal yang berlebihan, jadi tidur dan beristirahat secukupnya sudah lebih baik.

3. Menjaga Kebersihan


Ada suatu hadist yang mengartikan bahwa kebersihan sebagian dari iman. Jadi jika anda memang beriman, anda harus menjaga kebersihan dalam berbagai hal. Misalnya kesehatan bagian tubuh, lingkungan dan pakaian.

Rosulullah SAW juga selalu menjaga kebersihan, seperti bersiwak, menggosok gigi, memotong kuku, berkeramas dan lain lain, serta selalu suci.

Di islam ada yang disebut dengan “Mandi Besar”. Mandi yang dilakukan untuk membersihkan qadasdari manusia itu sendiri. Mandi ini biasanya dilakukan setelah berhubungan intim suami istri dan saat menstruasi berakhir, untuk wanita.

4. Makan dan minum


Rosulullah SAW sangat menganjurkan untuk makan dan minum sambil duduk, dan menggunakan tangan kanan untuk makan atau minum. Selain itu, makan dan minum juga dianjurkan secukupnya, yaitu makan sebelum lapar dan berhenti sebelum kenyang.

Berdasarkan medis, makan atau minum dengan duduk mengakibatkan rongga dalam sistem pencernaan (perut) menjadi lebih terbuka. Berbeda jika makan dan minum sambil berdiri, selain tidak dianjurkan di cara hidup sehat islam, ternyata penelitian medis juga menyatakan bahwa jika makan dan minum sambil berdiri mengakibatkan rongga dalam sistem pencernaan tidak sepenuhnya terbuka. Jadi menghambat pencernaan.

5. Berpuasa


Selain makan dan minum dengan tata cara yang benar, ternyata berpuasa juga dari bagian cara hidup Rosulullah SAW.

Menurut islam, dengan berpuasa kita juga akan menetralisir penyakit yang ada dalam tubuh kita. Selain itu, sebagai umat islam, puasa juga sebagai salah satu rukun islam yang wajib dilaksanakan (puasa romadhon).

6. Sabar dan bersyukur


Kedua sifat terpuji ini yang dimiliki Rosulullah SAW, yang harus juga kita miliki untuk mencapai hidup sehat.

Sabar berarti tidak pemarah, marah bukanlah jalan baik yang dapat mengurangi masalah. Selain itu dengan terlalu sering marah juga dapat menimbulkan penyakit pada tubuh, jadi hindari marah untuk hidup lebih sehat dan baik.

Bersyukur juga harus ada pada diri kita, orang yang kurang bersyukur cenderung berakibat fatal pada diri kita.



Nah itulah ke 6 Tips Cara Hidup Sehat Rosulullah SAW Menurut Umat Islam yang patut kita ikuti.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel