6 Tips Cara Hidup Sehat dengan Menjalani Pola Hidup yang Benar

6 Tips Cara Hidup Sehat dengan Menjalani Pola Hidup yang Benar - Memiliki kehidupan yang sehat adalah dambaan setiap manusia. Sesuatu yang sangat lebih baik daripada memiliki uang banyak adalah memiliki hidup yang sehat. Dengan memiliki hidup yang sehat, anda bisa mencari uang sebanyak-banyaknya. Sedangkan jika hidup tidak sehat, anda akan menghabiskan uang sebanyak-banyaknya untuk membeli hidup yang sehat.

tips-cara-hidup-sehat-dengan-pola-hidup-yang-benar

Sebelum ke inti artikel mengenai bagaimana gaya hidup sehat / pola hidup sehat, saya akan ke pelengkap artikel dahulu.

Mengenai kesehatan, bagaimana jika anda tidak melakukan pola atau gaya hidup sehat. Saya sendiri masih belum bisa sempurna menjalani hidup yang sehat, mungkin saya akan berusaha sebaik-baiknya.

Karena perlu kita ketahui bahwa penyakit berbahaya kebanyakan bersumber dari cara hidup yang tidak sehat, penyakit berbahaya tersebut seperti, kanker, diabetes, dan mungkin serangan jantung. Dan masih banyak lagi penyakit-penyakit yang menghinggapi karena pola hidup tidak sehat.

Memang semua keputusan di kehidupan ada pada yang maha kuasa, Allah SWT. Tapi kita telah diciptakan dengan akal dan pikiran untuk digunakan sebaik-baiknya, dan Allah yang memutuskan semua. Kita juga termasuk makhluk yang paling sempurna, meskipun manusia tidak ada yang sempurna.

Kembali pada bagaimana menjalani pola hidup yang sehat. Di bawah ini adalah tips cara hidup sehat, diterapkan atau tidak, ada pada keputusan masing-masing.

Tips cara hidup sehat / pola hidup sehat


1. Berolahraga jasmani agar hidup sehat (kegiatan fisik)

olahraga-tips-cara-pola-hidup-sehat

Berolahraga sudah pasti jadi bagian pola hidup yang sehat. Meskipun di materi kuliah Olahraga adalah suatu gerakan yang bertujuan mencapai prestasi, tapi juga berperan penting untuk kesehatan tubuh. Nah, kalau yang memang bertujuan untuk sehat adalah Pendidikan Jasmani.

Lalu, apa saja olah raga yang kita lakukan?

Olahraga di sini saya anggap sebagai kegiatan fisik, jadi banyak jenis-jenis olahraga yang dapat anda lakukan.

Misalnya jogging, senam, bersepeda, sit up, push up, dan bisa juga aktivitas bekerja yang mengeluarkan keringat (bukan karena kepanasan/gerogi).

Berapa lama waktu berolahraga sebaiknya?

Sebenarnya saya tidak membatasi batas minimal berolahraga, selama anda sudah merasa puas dan mengeluarkan keringat, anda sah-sah saja untuk mengakhiri kegiatan berolahraga. Syukur-syukur jika bisa rutin melakukannya.

2. Makanan yang tepat untuk pola hidup sehat

makan-tips-pola-hidup-sehat

Jika berbicara makanan untuk pola hidup sehat, sudah pasti akan mengarah pada makanan 4 sehat 5 sempurna. Ini sangat tepat, dan ini sangat dianjurkan. Tapi saya tidak begitu menganjurkan yang instan itu.

Lalu bagaimana jika kita tidak bisa memenuhi 4 sehat 5 sempurna disetiap harinya?

Kita ketahui dulu, makanan 4 sehat 5 sempurna adalah makanan yang memiliki kandungan vitamin, serat, protein, serta mineral.

Jika itu sulit untuk dipenuhi setiap harinya, selama makanan yang anda makan tidak berpotensi buruk pada kesehatan tubuh, itu sudah bagus.

Beberapa makanan yang berpotensi buruk untuk kesehatan tubuh dan pola hidup


Makanan yang berpengaruh buruk biasanya makanan yang mengandung zat-zat berbahaya. Misalnya seperti makanan yang mengandung boraks, formalin dan lainnya. Biasanya makanan yang bersifat instant, oleh sebab itu hindari banyak makanan yang bersifat instant.

3. Banyak-banyak minum air putih untuk hidup sehat

banyak-minum-tips-pola-hidup-sehat

Nah, selain makanan. Banyak minum air putih juga dianjurkan untuk pola hidup yang sehat. Penelitian sudah menganjurkan bahwa minimal minum air putih sebanyak 8 gelas air putih, lebih banyak lebih baik.

Sebisa mungkin hindari air putih berupa es, atau yang didinginkan di pendingin (kulkas). Dan yang mengandung obat, mungkin seperti air isi ulang galon yang harganya 5 ribuan pergalon isi ulang.

4. Istirahat yang cukup agar hidup sehat

tidur-tips-cara-pola-hidup-sehat

Kalau minum minimal sebanyak 8 gelas air putih, untuk istirahat para pakar kesehatan menyarankan untuk tidur selama 8 jam sehari idealnya. Jangan terlalu banyak tidur dan kurang tidur, tapi idealkan.

Nah, ini kebanyakan yang dialami remaja-remaja masa kini. Penyakit sulit tidur disebut Insomnia.

Banyak remaja, yang kebanyakan mempunyai Insomnia. Tidur larut malam, hingga kurang tidur dan akhirnya mempengaruhi pola hidup manusia.

Kembali pada idealnya 8 jam tidur, jadi anda harus tidur malam jam 8 agar nanti jam 4 pagi sudah bangun, melakukan sholat subuh dan berolahraga (lakukan secara teratur).

Oh ya, ada yang menyarankan waktu bangun pagi (sebelum berkumur) minumlah segelas air putih untuk kesehatan.

Dampak negatif kurang istirahat dan kebanyakan istirahat


Manusia yang memiliki kurang istirahat, kebanyakan tampak tidak sehat, gampang mengantuk dan cenderung jadi pemalas (sama halnya kebanyakan istirahat). Dan yang lebih parahnya, kurang istirahat berdampak strespada pikiran.

Setelah melakukan kegiatan yang sulit, entah bekerja atau bersekolah. Silahkan istirahat sejenak, jangan terlalu membebani pikiran.

5. Rubah kebiasaan hidup buruk agar pola hidup sehat

berhenti-merokok-tips-cara-pola-hidup-sehat

Jika anda seorang perokok, pemabuk ataupun pecandu obat-obatan berbahaya, anda harus cepat berhenti dan merubah ke pola hidup yang sehat. Ketiga biasaan buruk ini sangat sulit dirubah, karena kesemuanya itu memiliki zat yang bersifat mengikat (membuat kecanduan).

Kebiasaan buruk lainnya adalah sering begadang (istirahat kurang), makan makanan manis (berpotensi diabetes) dan malas berolahraga serta yang anda anggap kebiasaan buruk lainnya.

6. Menjaga kebersihan untuk hidup sehat

mandi-tips-cara-pola-hidup-sehat

Mandi adalah salah satu kegiatan untuk membersihkan kotoran berupa virus atau bakteri yang ada pada tubuh kita. Mandi idealnya 2 kali sehari, pagi dan sore. Selain itu, mandi di pagi hari akan membuat tubuh menjadi bersemangat untuk menjalani aktivitas.

Mandi yang baik biasanya meliputi bersabun, sikat gigi, dan berkeramas. Ada yang juga berkata, bahwa berkeramas dapat mndinginkan pikiran dan meredakan stres.

Selain kebersihan tubuh, yang sangat berpengaruh penting adalah kebersihan lingkungan.

Merapikan dan membersihkan tempat tidur juga termasuk cara membersihkan lingkungan di sekitar anda. Dan yang lainnya bisa meliputi menyapu halaman, membakar sampah dan membersihkan got yang berpotensi menimbulkan demam berdarah.


Yang lainnya adalah menjaga kebersihan apa yang kita kenakan atau kita pakai. Misal kebersihan celana dalam yang kita kenakan harus sering diganti, dan piring maupun sendok makanan yang harus bersih.


Nah, itulah ke 6 Tips Cara Hidup Sehat dengan Menjalani Pola Hidup yang Benar yang patut kita laksanakan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel