Cara Cepat Mengajari Anak Membaca Tanpa Mengeja

Memiliki peran sebagai orang tua atau guru, tentu memiliki kewajiban untuk mendidik dan mengajari seorang anak/siswa supaya dari yang belum bisa, menjadi bisa. Namun karena setiap anak/siswa memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing, kadang mendidik/mengajar itu tidak mudah. Sekalipun menurut kita sudah mudah, dan metode yang paling baik menurut kita, belum tentu bisa dipahami/dimengerti oleh anak/siswa yang sedang kita ajari.

Cara Cepat Mengajari Anak Membaca Tanpa Mengeja

Nah pada kesempatan postingan kali ini, Modul Pendidikan merekomendasikan metode cara mengajari anak membaca. Metode cara cepat mengajari anak membaca supaya tanpa mengeja ini bisa anda coba untuk menerapkan kepada anak sendiri, atau siswa apabila anda seorang guru.

Cara Mengajari Anak Membaca Tanpa Mengeja


Untuk mengajari anak membaca, tentu perkembangan anak nanti akan bertahap. Jadi, menjadi orang tua/guru harus bersabar, memahami karakter seorang anak, dan mengoreksi kembali metode yang diterapkan manjur atau tidak untuk anak/siswa tersebut.

1. Mengenalkan Huruf


Kalau anak/siswa belum sama sekali mengenal huruf, atau kurang menguasai, tahap pertama untuk mengajari anak adalah mengenalkan huruf A - Z. Buat anak/siswa anda hafal ketika menjumpai salah satu bentuk huruf A - Z tersebut, maka bisa mengucapkan dengan benar lafadz huruf tersebut. Misal bentuk huruf "B", maka anak/siswa anda langsung bisa mengucapkan kalau itu huruf "be".

2. Menghafal Suku Kata


Kemudian jika anak/siswa sudah mengusai mengenal huruf, ajak anak/siswa anda menghafal suku kata. Biarkan anak anda menghafal suku kata dari konsonan B - Z, yang diikuti huruf vokal a,i,u,e,o. Contoh : ba, bi, bu, be, bo sampai za, zi, zu, ze, zo

Biarkan hafal, dan terbiasa dengan suku kata tersebut. Karena hasilnya masih hafalan, anak belum bisa dikatakan bisa membaca. Kemudian ke tahap selanjutnya.

3. Mengajak Anak Membaca Suku Kata Bervariasi


Cari kata, yang terdapat suku kata bervariasi untuk mengajak anak membaca dan mengenalkan. Misalnya seperti BO-LA, BU-KU, PA-PI, MA-MI, CU-CU, dll. Pada tahap ini jangan dulu mengenalkan anak/siswa dengan suku kata yang berakhiran huruf mati. Biar mereka menguasai tahap ini terlebih dahulu,

Apabila anak masih sulit memahami, coba ajari dulu sampai terbiasa dan memahami suku kata seperti contoh di bawah ini :

  1. ba, ca, da, fa, ga, dst
  2. bi, ci, di, fi, gi, dst
  3. bu, cu, du, fu, gu, dst
  4. be, ce, de, fe, ge, dst
  5. bo, co, do, fo, go, dst

4. Mengajari Anak Huruf Mati


Apabila sudah menguasai tahap sebelumnya, kini saatnya anda mengajarkan kepada anak/siswa tentang huruf mati. Mengajari anak huruf mati bisa dengan menganalkan terlebih dahulu huruf-huruf mati, seperti "ng" dan huruf konsonan lainnya apabila dijadikan huruf mati.

5. Melatih Anak/Siswa untuk Membaca Kata Utuh


Mulanya mungkin anak/siswa akan kesulitan untuk tidak mengeja, jadi harus mengeja terlebih dahulu. Nah peran anda di sini harus giat melatih anak/siswa supaya cepat bisa membaca tanpa mengeja. Sambil berjalan, anda juga harus menemukan metode yang tepat untuk anak/siswa anda, apabila anak/siswa masih kesulitan membaca dalam proses jangka waktu yang lama.


Baca Juga : Perkembangan Intelektual Anak

Nah itulah cara mengajari anak membaca yang bisa anda terapkan kepada anak/siswa anda di sekolah.

0 Response to "Cara Cepat Mengajari Anak Membaca Tanpa Mengeja"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel