7 Ide Kerja Sambilan Cocok untuk Mahasiswa

Kerja Sambilan untuk Mahasiswa - Kerja sambilan atau kerja sampingan, adalah cita-cita kebanyakan siswa SMA/SMK Sederajat yang kepingin kalau lulus nanti bisa lanjutin kuliah dengan biaya kuliah sendiri (kuliah sambil kerja). Namun setelah kuliah berjalan, kebanyakan Mahasiswa pasti akan direpotkan dengan jadwal yang lumayan padat, menguras tenaga dan pikiran. Terutama bagi Mahasiswa yang kuliah di kampus reguler.

kerja sambilan untuk mahasiswa

Nah oleh sebab itu, Modul Pendidikan pada postingan ini merekomendasikan beberapa kerja sambilan yang cocok digeluti oleh Mahasiswa.

Kerja Sambilan Cocok untuk Mahasiswa


1. Blogger


Blogger adalah sebutan profesi dari mereka yang mempunyai dan mengelola blog. Nah blog ini bisa digunakan untuk mencari penghasilan loh! Meskipun menjadi rekomendasi kerja sambilan, tapi banyak juga yang mendapat penghasilan bukan sambilan, maksudnya bisa saja penghasilan yang didapat dari pekerjaan setelah kamu lulus kuliah nanti malah lebih kecil dari penghasilan Blogger. Toh banyak juga mereka yang mulanya menjadi part time Blogger, malah memilih untuk full time Blogger.

Baca : Apa itu Blog, dan Bagaimana Cara Menghasilkan Uang

2. Youtuber


Mahasiswa pasti tahu kan ya, apa itu Youtuber. Apabila kamu mempunya skill editing video, atau apalah pokoknya yang bisa menghasilkan video, tak ada salahnya kamu mencoba menekuni pekerjaan menjadi Youtuber ini.

3. Freelancer


Kerja di mana pun dan kapan pun, semaunya! Biasa dikenal dengan Freelancer. Nah, namun untuk menjadi seorang Freelancer biasanya kamu harus memiliki skill (keahlian) yang banyak dibutuhkan orang lain, atau lembaga. Freelancer bisa dibilang penyedia jasa, untuk membantu mereka-mereka yang membutuhkan.

Nah untuk lebih mengetahui tentang freelance, silahkan cari tahu di Google. Daftarkan juga diri kamu di situs-situs Freelancer, atau menyediakan jasa freelance sendiri. Pekerjaan yang disebut Freelancer, biasanya meliputi :

  1. Jasa pembuatan logo
  2. Jasa desain vector dan
  3. Jasa desain lain-lain
  4. Menjadi penulis artikel
  5. dan lain-lain

4. Menjadi Pekerja di Transportasi Online (Ojek Online)


Saya juga kurang mengerti bagaimana sistem kerja transportasi online, karena tentu banyak di sana macam-macam jenis transportasi online.

Yang saya tahu, transportasi online ini menjadi salah satu pekerjaan sambilan yang banyak menjadi inceran bagi Mahasiswa. Nah, kamu juga bisa mencobanya. Tapi sebelumnya, jangan lupa korek informasi dari Google dulu ya.

5. Kerja Sesuai Bidang (Jurusan) Kuliah Kamu


Maksudnya begini, apabila kamu kuliah mengmabil jurusan pendidikan, kamu juga bisa menjadi guru privat atau les untuk anak-anak sekolah di lingkunganmu. Kamu juga bisa membuat tim sendiri dengan teman-temanmu.

Begitupula dengan jurusan lainnya, apabila jurusan teknik. mungkin bisa servis dan semacamnya.

6. Kerja Kreatif dan Inovatif


Pernah lihat acara talk show yang bintang tamunya orang-orang kreatif dan inovatif? Yang bisa menjadikan barang buangan memiliki nilai jual lebih tinggi? Nah, kamu juga bisa meniru jejak mereka sebagai Mahasiswa yang berpikir kreatif dan inovatif. Yang bisa menjadikan hal-hal sepele, menjadi sumber penghasilan.

7. Mencari Kerja yang Bisa Sambilan Kuliah


Nah kamu juga bisa mencari lowongan kerja paruh waktu untuk mahasiswa. Selama ada pekerjaan yang cocok, dan tidak bentrok dengan jadwal kuliah atau bisa dikerjakan sambil kuliah, kamu bisa mencobanya.

Baja Juga : Alasan Kenapa Kamu Harus Kuliah

Nah itulah teman Mahasiswa, 7 ide kerja sambilan untuk Mahasiswa yang direkomendasikan dan bisa kamu geluti untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Ke enam ide tersebut, merupakan ide kerja sambilan tanpa memerlukan modal yang besar.

0 Response to "7 Ide Kerja Sambilan Cocok untuk Mahasiswa"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel