7 Cara Mengajari Anak Menulis Angka dan Huruf yang Rapi

Mengajari anak menulis adalah suatu hal yang penting harus dilakukan oleh orang tua, maupun guru untuk anak/peserta didiknya. Mengajari anak untuk menulis tentunya tidak mudah, karena setiap anak mempunyai pola pikir dan kepekaan yang berbeda-beda. Ada yang cepat menanggapi apa yang sudah diajarkan, ada pula yang lama. Sehingga, orang tua maupun guru harus mempunyai metode yang tepat mengajari anak untuk menulis.


cara mengajari anak menulis angka huruf dengan cepat rapi tk sd

Nah, di sini Modul Pendidikan berbagi tips atau metode cara mengajari anak menulis yang bisa anda terapkan untuk mengajari anak anda menulis dengan rapi. Baiklah silahkan disimak di bawah ini tips-tipsnya.

Tips/Cara Mengajari Anak Menulis Angka maupun Huruf yang Rapi


1. Mengajari anak memegang pensil atau alat tulis lainnya

Ketika anak masih berusia sekitar 3 tahun, biasanya jika diberi alat tulis (setelah diberi contoh penggunaannya) akan menggunakan alat pensil tersebut untuk mencoret-coret dan tidak beraturan. Biasanya masih menggunakan genggaman untuk memegang pensil; nah dari sini silahkan sedikit demi sedikit diajari untuk memegang alat tulis yang benar menggunakan jari (bukan genggaman/kepalan)

Berikan contoh terlebih dulu, kemudian baru gerakan tangan anak anda ke cara memegang pensil yang benar. Apabila anak anda masih susah untuk melakukannya, lakukan perlahan dan jangan memaksa. Karena pola pikir anak belum secepat orang dewasa pada umumnya.

2. Ajari anak membuat pola yang mudah

Mengajar anak menulis langsung huruf atau angka, tentu masih sulit dilakukan apabila anak anda seusia anak TK. Maka dari itu, awali dulu mengajari anak anda menulis dengan mencontoh pola-pola yang mudah, seperti pola garis lurus, lingkaran, maupun persegi.

Ini juga dimaksudkan untuk melatih tangan anak anda supaya lebih lihai (tidak kaku) menggunakan alat tulis (pensil).

3. Gunakan cara yang menyenangkan mengajari anak menulis

Nah ini sangat penting untuk mengajari anak dengan cara yang menyenangkan. Biasanya, seusia anak-anak masih suka bermain dan melakukan hal-hal diluar rumah yang belum diketahuinya. Jadi untuk mengajari anak menulis, jangan memaksaakan dan mengajarinya terus-terusan. Karena anak-anak masih butuh bermain.

Nah, cobalah untuk mengajari anak menulis dengan metode yang menyenangkan. Misalnya dengan menggunakan kertas warna, maupun pensil warna. Bisa juga dengan menjiplak pola gambar terlebih dulu. Atau mengajari anak menulis dimana saja. Misalnya ketika berlibur dan sejenisnya, namun jangan habiskan banyak waktu untuk belajar menulis saja.

Jika anak tidak ingin menulis, biarakan dulu. Berikan anak kelonggaran bermain atau melakukan hal-hal lainnya yang positif.

4. Mulai mengajari anak menulis huruf atau angka

Jika anak dirasa sudah lihai menggunakan alat tulis untuk membuat pola yang mudah, mulailah mengajari anak untuk menuliskan huruf satu persatu. Biasanya huruf kapital dan angka terlebih dulu, karena lebih mudah untuk dicontoh anak.

Pada tahap ini anak tentunya belum bisa menulis secara rapi, nah biarkan saja. Jangan membatasi tulisan anak. Karena tentu membutuhkan latihan dengan waktu yang lumayan lama untuk anak bisa menulis secara secara rapi.

5. Beri Contoh Anak Manulis yang Rapi

Untuk meulai mengajari anak menulis yang rapi dan benar, biasanya diawali dengan contoh terlebih dulu. Silahkan berikan contoh dan penjelasan bagaimana menulis yang rapi dan benar kepada anak sampai anak tersebut paham.

Setelah itu biarkan anak praktek dan terbiasa menulis dengan cara menulis rapi yang sudah anda ajarkan. Biarkan juga anak mendapatkan ide-ide baru untuk cara menulisnya, namun tetap dalam bimbingan belajar anda.

6. Sabar mengajari anak menulis

Supaya anak bisa menulis dengan cepat dan rapi, tentu membutuhkan waktu dan latihan menulis. Nah di sini sebagai orang tua atau pengajar, anda harus sabar mengajari anak tahap demi tahap perkembangannya dalam menulis.

Sedikit demi sedikit ajari/arahkan anak bagaimana menulis yang rapi. Seringlah lakukan komunikasi yang menyenangkan dengan anak. Supaya anak senang jika diajak belajar menulis, dan pikirannya lebih menangkap.

7. Berikan pujian kepada anak

Usia anak-anak, sangat suka dengan pujian. Bahkan usia orang dewasa pun. Oleh sebab itu, berikan pujian ketika anak berhasil melakukan hal yang anda perintahkan. Misalnya ketika menyuruh mencontoh sesuatu dalam belajar menulis, pujilah hasil belajarnya. Namun jangan lupa untuk mengarahkan ke hasil belajar yang lebih baik dan benar.


Demikian tips/cara mengajari anak menulis, semoga bermanfaat untuk anda. Jangan lupa untuk mengikuti situs Modul Pendidikan via email di bawah, supaya tidak ketinggalan tips-tips lainnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel