7 Cara Mengatur Waktu dengan Baik untuk Keseharianmu

Cara Mengatur Waktu Yang Baik -  Seperti kata pepatah, Waktu Adalah Uang. Pepatah ini memang sangat benar kenyataanya, setiap detik pun sangat berharga bagi mereka seorang yang ingin berusaha ataupun sedang berusaha untuk mencapai sesuatu.

tips cara mengatur waktu yang baik berkualitas

Namun masih saja banyak orang yang masih menyia - nyiakan waktu untuk sesuatu hal tidak berguna, mereka mungkin tidak memiliki fikiran untuk maju dan menantang keterbatasan yang mereka punya. Waktu adalah raja, waktu dapat mengatur segalanya.

Bagi orang yang pekerja keras maka mereka akan sangat bingung untuk mengatur waktu mereka untuk banyak hal, menentukan waktu dan menjadwalkannya sangatlah sulit.
Lalu bagaimanakah caranya? Berikut adalah cara mengatur waktu yang baik.

CARA MENGATUR WAKTU YANG BAIK


1. Menghilangkan Rasa "Malas"

Poin yang paling penting dan menjadi urutan pertama adalah menghilangkan rasa malas, memang rasa malas sangat mengganggu dan menghambat seseorang untuk berusaha naik dan mencapai kesuksesan.

Rasa malas ini merupakan musuh terberat, terutama bila kamu ingin mengatur waktu. Waktu sangat terbuang banyak ketika malas menghantui, banyak sesi yang akan kamu lewati.

Lalu bagaimanakah cara menghilangkan rasa "Malas" ini adalah membiasakan diri untuk disiplin, ini adalah kunci utamanya. Bila kamu dapat membiasakan diri untuk hidup disiplin maka dapat dipastikan secara perlahan rasa malas tersebut akan hilang, hidup disiplin dapat mengubah banyak hal. (Lebih lengkap silahkan baca : Tips Menghilangkan Rasa Malas)

2. Memprioritaskan Pekerjaan Terpenting

Tentunya bila kamu adalah seseorang yang sangat menghargai waktu pastinya akan memiliki banyak sekali pekerjaan, namun biasanya kita akan melakukan pekerjaan tersebut secara acak dan terbilang tidak bertetap pada sebuah pekerjaan.

Untuk mengatasi hal ini maka kamu seharusnya melakukan sesuatu strategi, ini adalah lebih mengutamakan dan memprioritaskan pekerjaan yang dianggap sangat penting. Pekerjaan yang masih bisa di atur mungkin dapat kamu nomer duakan karena tidak terikat akibat kesulitan, bila kamu lebih mengutamakan pekerjaan yang lebih penting maka proses pekerjaan yang lainnya dapat kamu kerjakan dengan mudah.

Ini adalah salah satu strategi untuk cara mengatur waktu yang baik. Lakukan dan selesaikan segera suatu pekerjaan; jangan ditunda-tunda.

3. Fokus Adalah Kunci Utama

Untuk mengatur waktu yang baik sangat diperlukan suatu kefokusan, dalam suatu pekerjaan sangat dibutuhkan kefokusan. Ini akan membuat pekerjaan kamu lebih cepat terselesaikan, banyak waktu yang dapat kamu hemat.

Seperti yang kita ketahui bila suatu pekerjaan yang tidak didasari dengan rasa fokus maka akan membuat pekerjaan tersebut sukses, banyak orang yang tidak fokus dalam mengerjakan suatu pekerjaan dan menyebabkan ketidak terealisasikan pekerjaan tersebut. Ini akan membuat waktu kamu banyak terbuang sia-sia, tidak ada hal yang menguntungkan dapat kamu terima.
Fokus adalah suatu hal yang utama dan menjadi dasar kesuksesan.

4. Bikin Agenda Harian

Untuk memaksimalkan hari yang akan kamu jalani dengan produktivitas waktu yang baik, kamu bisa buat agenda untuk hari yang akan datang. Kalau belum punya buku agenda, bisa beli terlebih dahulu atau tulis di papan tulis kamar kamu apabila ada.

Sebelum tidur malam, buatlah agenda/jadwal hari esok apa yang kamu kerjakan atau lakukan. Jadwalkan juga waktu bangun di pagi hari, dan waktu harus tidaur di malam hari. Selain itu memberi waktu tidur di siang hari juga bagus untuk membuat diri kamu tetap fokus mengerjakan keseharian kamu. Untuk waktu tidur siang, dari buku yang saya baca direkomendasikan selama 40 menit saja.

Nah, jadi kamu tidak perlu membuat jadwal seminggu penuh layaknya jadwal pelajaran di sekolah. Cukup agendakan waktu hari esok kamu, saat ingin tidur malam.

5. Sempatkan Waktu Beribadah

Waktu beribadah itu tidak membuang-buang waktu! Justru karena waktu diguanakan untuk beribadah, waktu kamu menjadi berkualitas. Jika kamu menganut agama Islam, ya jangan lupa menggunakan waktu untuk sholat.

Ada juga yang mengatakan, waktu akan terasa terbuang sia-sia jika waktu beribadah tidak dilakukan dengan serius. Jadi, beribadah dengan serius adalah solusi dari hal tersebut.

6. Kurangi Menggunakan Gadget yang Tidak Mendukung Produktivitas Kamu

Misalnya seperti sosial media, game, dan lain-lain yang tidak mendukung produktivitas kamu. Tapi jika hal tersebut mendukung produktivitas/pekerjaan kamu, maka silahkan digunakan. Misalnya apabila sosial  media digunakan untuk keperluan promosi, game digunakan untuk keperluan bahan konten pekerjaan (Youtuber Gamer), dan lain-lain.

7. Lakukan dengan Sungguh-sungguh

Supaya waktu tersebut tidak sia-sia, lakukan atau kerjakan dengan sungguh-sungguh hal yang harus kamu lakukan/kerjakan. Sesepele apapun hal/pekerjaan tersebut.


Nah itulah cara mengatur waktu yang baik, yang bisa Modul Pendidikan bagikan. Mungkin untuk merubah gaya hidup banyak membuang waktu sia-sia menjadi waktu yang berkualitas sangat sulit/berat. Oleh karena itu, dibutuhkan komitmen dan kebiasaan untuk mudah menjalaninya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel