4 Tips Memilih Jurusan Kuliah supaya Tidak Keliru Pilih Jurusan

Tips Memilih Jurusan Kuliah - Teman-teman setelah lulus sekolah tingkat SMA yang ingin melanjutkan kuliah, biasanya nanti akan mendapati kebingungan ketika hendak memilih jurusan kuliah. Nah, sebenarnya ada beberapa cara atau tips memilih jurusan kuliah dari Modul Pendidikan yang bisa kamu terapkan supaya tidak keliru memilih jurusan kuliah. Baiklah, di bawah ini silahkan kamu baca!

tips memilih jurusan kuliah

Tips Memilih Jurusan Kuliah


1. Pastikan kamu memilih jurusan yang sesuai dengan minat

Mungkin masih banyak orang yang memilih jurusan karena tergantung dari pilihan orang tua, padahal dalam hal ini yang menentukan masa depan adalah kamu sendiri. Jadi dalam hal ini sangat penting sekali agar kamu berani untuk mengambil keputusan mau memilih jurusan yang benar-benar kamu minati dan sukai. Hal ini untuk menghindari apabila kamu tidak menyukai jurusan tersebut, yang nantinya malah akan membuat kamu putus kuliah. Jadi sederhana saja, silahkan pilih jurusan kuliah sesuai minat kamu!

Baca Juga : Alasan kenapa kamu harus kuliah!

2. Jangan memilih jurusan hanya prospek finansial saja

Memang finansial dalam kehidupan sangatlah penting guna menunjang kehidupan yang lebih layak dan baik. Tapi bagi kamu yang memiliki keinginan untuk melanjutkan ke jenjang kuliah, saya sarankan agar ada tidak memilih jurusan yang hanya  memiliki prospek finansial saja. Karena memang dalam hal ini belum tentu minat dari anak sama dengan apa yang orang tua inginkan. Jadi dalam hal ini kembali lagi ke dalam langkah awal yaitu memilih jurusan yang benar-benar sesuai dengan apa yang kamu minati.

Kesalahan mengambil jurursan kuliah terkadang terjadi karena hal ini, yaitu memikirkan/membayangkan enaknya nanti setelah lulus karena jurusan ini mempunyai prospek finansial yang bagus.


3. Memilih jurusan kuliah sesuai cita-cita

Tingkat belajar di bangku perkuliahan, biasanya adalah tingkat di mana kita bisa meraih cita-cita yang diingingkan. Untuk menggapai cita-cita tersebut, harus menggunakan jalan kuliah dengan memilih jurusan yang sesuai untuk menggapai cita-cita.

Pilih atau masuklah jurusan yang sesuai dengan cita-cita kamu tersebut, supaya cita-cita bisa tergapai. Misalnya jika kamu bercita-cita sebagai guru SD, maka harus kuliah dengan memilih jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasa (PGSD).

4. Memilih jurusan sesuai kejuruan yang telah diambil pada waktu SMK

Ini untuk kamu yang mengambil sekolah kejuruan sebelumnya, maka untuk melanjutkan kuliah bisa mengambil sesuai kejuruan kamu sekolah tersebut. Karena kuliah ini bukanlah mengulang dari nol, melainkan digunakan untuk mengasah lebih dalam dan luas keahlian yang sudah kamu tekuni.


Nah itulah beberapa kiat atau tips memilih jurusan kuliah yang bisa kamu jadikan referensi supaya kamu tidak keliru memilih jurusan kuliah. Semoga artikel ini bisa membantu mempermudah teman-teman memilih jurusan kuliah, bagi kamu yang sedang kebingungan.

0 Response to "4 Tips Memilih Jurusan Kuliah supaya Tidak Keliru Pilih Jurusan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel