Wawa Yu, Amfibi Tertua Mirip Kadal yang Hidup Selama 170 Million Tahun

Wawa Yu, Amfibi Tertua Mirip Kadal - Salamender adalah nama umum dari sebutan makhluk spesies amfibi yang mirip seperti kadal, dengan ciri - ciri tubuh ramping, hidung pendek, dan ekor yang panjang. Dan juga dapat disebut makhluk vertebrata, makhluk yang dapat menumbuhkan kembali bagian tubuh yang hilang.

Wawa Yu, Amfibi Tertua Mirip Kadal yang Hidup Selama 170 Million Tahun

Wawa Yu, Amfibi Tertua Mirip Kadal

Wawa yu atau bayi ikan sebutan orang China, adalah salamender yang berasal dari China dan berukuran sangat besar. Wawa yu memiliki hidup terpanjang, bisa dibilang makhluk salamender tertua dengan sebutan fosil hidup, karena tidak berubah sejak periode Jurassic selama 170 million tahun. Million adalah juta, jadi bisa disebut selama 170 juta tahun.

Salamender bernama Wawa yu ini masih terdapat beberapa populasi yang bertahan di alam liar. Wawa yu memiliki kisaran panjang 80 cm an dan berat sekitar 5 kg, tidak heran, karena memang amfibi di masa lalu memiliki tubuh yang besar dan bahkan bisa tumbuh lebih besar lagi. Panjang wawa yu dapat mencapai 1 meter lebih dan mungkin berat juga bisa lebih, tergantung makhluk salamender ini hidup, dan mungkin wawa yu yang masih hidup di zaman kini agak kecil, beda dengan zaman dahulu. Sayangnya makhluk ini terdaftar sebagai makhluk yang terancam punah. Makhluk salamender ini menjadi spesies yang dilindungi di China untuk menjaga dari kepunahan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel