Lembaga Pemerintahan Di Wilayah Kecamatan

Lembaga Pemerintahan Di Wilayah Kecamatan - Kecamatan adalah suatu wilayah yang terdiri dari beberapa desa dan berada di bawah pemerintahan Kabupaten/Kota. Kecamatan dipimpin oleh seorang camat yang diangkat oleh bupati atau walikota atas usul dari sekretaris daerah kabupaten/kota.

lembaga pemerintahan di wilayah kecamatan

Seorang camat wajib berasal dari PNS ( pegawai negeri sipil ) yang memenuhi persyaratan sesuai persyaratan perundang-undangan dan menguasai pengetahuan teknis pemerintahan. Camat dibantu oleh perangkat kecamatan dalam menjalankan tugas-tugasnya. Semua perangkat kecamatan itu bertanggung jawab langsung kepada seorang camat.

Di sisi lain, camat harus bertanggung jawab atas semua tugas-tugasnya kepada seorang bupati atau walikota lewat sekretaris kabupaten/kota. Sehingga, dalam menjalankan tugasnya camat tidak berperilaku dan bertindak secara sewenang-wenang.

Lembaga Pemerintahan Di Wilayah Kecamatan

Ada tiga unsur yang berperan penting di dalam wilayah kecamatan. Ketiga unsur tersebut terdiri dari:

Camat

Camat adalah kepala di wilayah kecamatan. Tugas seorang camat ialah melaksanakan sebagian wewenang walikota atau bupati yang dilimpahkan kepada camat untuk mengurusi sebagian otonomi daerah.

Misalkan saja pemeliharaan jalan kecamatan, pembangunan sekolah, pemberdayaan masyarakat di wilayah kecamatan, dan lain sebagainya.

Koramil ( Komando Rayon Militer )

Penting untuk kalian ketahui, jika selama ini ada banyak pihak yang berperan dalam menjaga keutuhan wilayah NKRI atau Negara Kesatuan Republik Indonesia. Di wilayah kecamatan, Komando Rayon Militer (Koramil) adalah pihak yang bertugas dan bertanggung jawab untuk menjaga keutuhan wilayahnya.

Koramil bertugas mempertahankan keutuhan wilayah kecamatan dari semua bentuk ancaman dan gangguan, baik itu yang berasal dari dalam ataupun datangnya dari rual. Komando Rayon Militer adalah bagian dari Tentara Nasional Indonesia atau TNI.

Kapolsek ( Kepala Polisi Sektor )

Kalian semua pasti sudah tahu betul apa itu polisi. Kita biasa menemui pak polisi di jalan raya yang sedang mengatur lalu lintas dan menyebutnya sebagai Polisi Lalu Lintas. Sementara itu, kantor polisi yang ada di wilayah kecamatan disebut sebagai Polsek.

Dengan ke-tiga unsur penting diatas, pemerintahan kecamatan bisa berjalan baik dan lancar. Ini meliputi sektor pemerintahan ataupun pertahanan.


Demikian artikel tentang Lembaga Pemerintahan Di Wilayah Kecamatan ini, baca juga : Struktur Perangkat Pemerintahan Desa dan Tugasnya

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel