Bagian-Bagian Dan Fungsi Rangka Manusia

Modul Pendidikan, Bagian-Bagian Dan Fungsi Rangka Manusia - Kerangka tubuh adalah rangkaian tulang yang berfungsi untuk melindungi organ bagian dalam dan mendukung kerja tubuh. Ia terdiri dari banyak tulang yang saling berhubungan satu sama lain dan tersusun rapi.

Tulang penyusun kerangka tubuh akan melindungi organ bagian dalam yang sangat penting seperti ginjal, jantung, paru-paru, dan hati. Sistem rangka yang ada di dalam tubuh kita dilindungi oleh otot endoskeleton dan kulit.

Berikut ini adalah penjelasan lengkap mengenai bagian-bagian dan fungsi rangka tubuh manusia.

Bagian-Bagian Dan Fungsi Rangka Manusia

bagian-dan-fungsi-rangka-manusia

Rangka Bagian Kepala

Rangka bagian kepala disebut juga sebagai tengkorak kepala. Ini adalah kerangka tulang yang memiliki bentuk bulat dan terdiri dari tulang-tulang berbentuk pipih. Tulang penyusun rangka kepala saling bersatu dan tidak bisa digerakkan.

Tulang ini keras yang berfungsi untuk melindungi otak. Otak merupakan bagian tubuh manusia yang sangat lunak dan berperan penting. Rangka kepala terdiri dari tulang tengkorak wajah dan tulang pelindung otak.

Rangka Badan

Kerangka badan manusia dibentuk oleh tulang leher sampai dengan tulang ekor. Tulang leher tersusun dari 7 ruas tulang dan terhubung dengan tulang punggung sampai tulang ekor. Sementara itu, tulang punggung sampai tulang ekor manusia disusun oleh 26 ruas tulang.

Sehingga total ada 33 ruas tulang yang menyusun ruas tulang leher, tulang punggung dan tulang ekor. 33 tulang ini biasa disebut sebagai tulang belakang.

Rangka Anggota Gerak

Rangka anggota gerak manusia ialah rangkaian tulang yang terdiri dari organ gerak bagian bawah dan organ gerak bagian atas. Anggota gerak bagian bawah adalah kaki dan angota gerak bagian atas adalah tangan atau lengan.

Fungsi Rangka Tubuh Manusia


  1. Menciptakan postur dan bentuk tubuh.
  2. Menopang berat badan anggota tubuh, seperti tulang pelvis, tulang belakang, dan tulang leher.
  3. Melindungi organ-organ tubuh yang lunak, seperti sumsum tulang belakang, jantung, otak, dan sebagainya.
  4. Sebagai alat gerak pasif.
  5. Tempat menempelnya otot lurik atau otot-otot rangka.
  6. Tempat penyimpanan mineral, khususnya kalsium dan fosfor.
  7. Tempat memproduksi sel-sel darah merah, ini berada di tulang pipa yang berfungsi sebagai tempat untuk menciptakan sumsum merah.



Demikian artikel kali ini tentang Bagian-Bagian Dan Fungsi Rangka Manusia, semoga berguna untuk teman-teman Modul Pendidikan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel