4 Cara Menanamkan Rasa Cinta Tanah Air Kepada Anak-Anak

Modul Pendidikan - Menanamkan rasa cinta tanah air kepada anak-anak memang sudah menjadi kewajiban bagi orang tua. Khususnya anak-anak yang masih usia belia, sehingga ia akan tumbuh dengan rasa cinta tanah air yang sudah tertanam di dalam hati.

Setiap hari senin, anak-anak dituntut untuk segera pergi ke sekolah, karena akan melaksanakan upacara bendera. Ini adalah salah satu cara menanamkan rasa cinta tanah air kepada anak-anak yang dilakukan oleh pihak sekolah.

Lantas, bagaimana sih cara yang tepat untuk ayah dan bunda menanamkan rasa cinta tanah air ini kepada anak-anak? Simak penjelasannya berikut.

Cara Menanamkan Rasa Cinta Tanah Air Kepada Anak-Anak

CARA MENANAMKAN RASA CINTA TANAH AIR KEPADA ANAK-ANAK

1. Lebih Memilih Produk Lokal Asli Buatan Negeri

Untuk menumbuhkan rasa cinta tanah air di dalam diri anak-anak sebenarnya cukup mudah. Salah satunya adalah memakai batik ketika pergi menghadiri acara tertentu bersama keluarga. Jelaskan kepada anak-anak, batik adalah budaya asli Indonesia yang harus dilestarikan.

Batik juga tidak kalah bagus dan berkualitas dibanding produk-produk mancanegara. Mulai sekarang, kurangi belanja barang-barang luar negeri dan perbanyak membeli produk lokal.

2. Memperkenalkan Budaya Indonesia

Cara memperkenalkan budaya Indonesia kepada anak-anak tidaklah sulit ya. Mulailah dengan memperkenalkan budaya daerah. Misalnya kamu tinggal di Madura, coba perkenalkan upacara-upacara adat, makanan khas, dan baju khas  asli Madura.

3. Mengajarkan Anak Toleransi

Seperti yang kita ketahui, Indonesia adalah negara yang terdiri dari berbagai macam suku bangsa, ras, dan agama. Sehingga sangat penting untuk menanamkan nilai-nilai toleransi atau menghargai perbedaan pada diri anak. Terlebih lagi, konflik akibat perbedaan juga semakin banyak terjadi di Indonesia.

Oleh karenanya, tanamkan sejak dini di hati anak-anak agar selalu menghargai perbedaan. Biarkan anak-anak berinteraksi dengan lingkungan sekitarnya dan ajari mereka untuk tidak membeda-bedakan teman. Terlebih lagi kepada teman yang beda agama, warna kulit, dan suku bangsa.


4. Menceritakan Sejarah Indonesia


Kebanyakan dari anak-anak itu menyukai cerita. Dari sini kita bisa memanfaatkan untuk menceritakan bagaimana perjuangan para pahlawan yang rela mengorankan harta dan jiwanya demi mewujudkan kemerdekaan Indonesia.

Sehingga, anak-anak akan memiliki semangat untuk melakukan yang terbaik bagi bangsa Indonesia.


Demikian artikel tentang 4 Cara Menanamkan Rasa Cinta Tanah Air Kepada Anak-Anak ini, semoga berguna.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel