Pengertian Bhinneka Tunggal Ika Dan Pentingnya Bagi Persatuan Bangsa Indonesia

Modul Pendidikan, Pengertian Bhinneka Tunggal Ika Dan Pentingnya Bagi Persatuan Bangsa Indonesia - Halo teman, kali Modul Pendidikan bagikan apa yang dimaksud Bhinneka Tunggal Ika?. Sebagai warga negara Indonesia, tentu telinga kita tak asing dengan kalimat tersebut.

Pengertian Bhinneka Tunggal Ika Dan Pentingnya Bagi Persatuan Bangsa Indonesia

Postingan sebelumnya adalah cara menanamkan rasa cinta tanah air kepada anak-anak, Nah untuk kali ini, langsung saja silahkan baca inti artikel di bawah ini!

Pengertian Bhinneka Tunggal Ika Dan Pentingnya Bagi Persatuan Bangsa Indonesia

Bhinneka Tunggal Ika adalah semboyan atau moto bagi negara Indonesia. Istilah ini diambil dari bahasa Jawa Kuna yang seringkali diartikan ke dalam kalimat “Berbeda-beda tetapi tetap satu”. Semboyan Bhinneka Tunggal Ika dipakai untuk menggambarkan kesatuan dan persatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang terdiri dari berbagai macam ras, bahasa daerah, suku bangsa, budaya, agama dan kepercayaan.

Bhinneka Tunggal Ika tertulis di pita yang dicengkeram oleh Garuda Pancasila sebagai Lambang Negara Republik Indonesia. Kalimat Bhinneka Tunggal Ika itu sendiri termuat di dalam buku Sutasoma yang dikarang oleh Mpu Tantular pada abad ke-14 masa kerajaan Majapahit.

Di dalam buku Sutasoma atau Purudasanta, pengertian Bhinneka Tunggal Ika menekankan kepada perbedaan kepercayaan dan keanekaragaman agama di kalangan penduduk Majapahit.

Pengertian Bhinneka Tunggal Ika secara harfiah adalah walaupun berbeda-beda namun tetap satu. Sementara itu, makna dari Bhinneka Tunggal Ika yaitu meskipun berbeda-beda namun hakikatnya bangsa Indonesia tetaplah satu kesatuan.

Kata Bhinneka Tunggal Ika mempunyai makna yang lebih luas lagi dalam menggambarkan kesatuan NKRI. Meskipun negara dan bangsa Indonesia terdiri dari berbagai macam kepulauan dan suku bangsa yang mempunyai beragam adat-istiadat dan kebudayaan namun keseluruhannya adalah suatu persatuan yakni negara dan bangsa Indonesia.

Keanekaragaman yang dimiliki Indonesia bukanlah menjadi perbedaan yang bertentangan, akan tetapi justru memperkaya makna dan sifat persatuan negara Indonesia. Semboyan Bhinneka Tunggal Ika bagi bangsa Indonesia adalah dasar untuk menciptakan kesatuan dan persatuan Indonesia.

Perwujudan Bhinneka Tunggal Ika di dalam kehidupan sehari-hari bisa dilakukan dengan banyak cara. Misalkan saja tidak membeda-bedakan teman satu kelas yang berbeda agama, warna kulit, ataupun suku bangsanya.

Kita sudah seharusnya saling menghargai satu sama lain agar Indonesia tidak mudah terpecah belah. Sifat toleransi akan menciptakan lingkungan yang tentram dan damai. Dengan hidup di masyarakat berpedomankan Bhinneka Tunggal Ika, Indonesia akan menjadi bangsa yang kokoh dan tetap kuat.

Mari kita tanamkan dalam diri kita masing-masing untuk senantiasa menerapkan Bhinneka Tunggal Ika.


Demikian artikel tentang Pengertian Bhinneka Tunggal Ika Dan Pentingnya Bagi Persatuan Bangsa Indonesia kali ini, semoga berguna bagi teman-teman.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel