Penjelasan Mengenai 5 Rukun Islam

Modul Pendidikan, Penjelasan Mengenai 5 Rukun Islam - Mengetahui 5 rukun islam adalah kewajiban bagi setiap umat muslim. Tidak terkecuali anak-anak yang masih dalam tahap belajar. Lima rukun islam terdiri dari syahadat, sholat, puasa, zakat, dan haji. Untuk membantu anak-anak lebih memahami lima rukun islam, silahkan disimak ulasan lengkapnya berikut ini.

Penjelasan Mengenai 5 Rukun Islam

Penjelasan Mengenai 5 Rukun Islam

1. Membaca Dua Kalimat Syahadat

Syahadat adalah mengucapkan dengan lisan, membenarkan di dalam hati, dan mengamalkannya dengan perbuatan nyata, jika kita percaya tidak ada Tuhan selain Allah SWT dan nabi Muhammad SAW utusan allah.

Kita membuktikannya dengan rajin sholat, shodaqoh, menjauhi perbuatan yang dilarah Allah SWT dan menjalankan semua perintahnya.

2. Sholat Wajib Lima Waktu

Sholat adalah ibadah tempat manusia berinteraksi dengan Allah SWT. Ketika sholat, manusia sedang bermunajat dan berdoa kepada Allah SWT. Sholat merupakan tiang agama islam dan dibedakan menjadi dua jenis.

Yaitu sholat fardhu dan sholat sunnah. Contoh sholat sunnah adalah sholat tahajud, sholat duha, sholat istikharah, dan lain-lain.

3. Puasa di Bulan Ramadhan

Puasa berarti menahan diri dari semua perbuatan yang bisa membatalkan puasa, mulai terbitnya fajar hingga terbenamnya matahari. Puasa di bulan ramadhan dilaksanakan selama satu bulan penuh.

Umat muslim yang tidak memiliki halangan dan sengaja tidak berpuasa, maka ia mendapatkan dosa. Jika puasa ramadhan hukumnya adalah wajib, ada juga puasa sunnah yang boleh dilaksanakan atau tidak.

Contoh puasa sunnah adalah puasa Senin dan Kamis. (Baca Juga: Hal Yang Membatalkan Puasa)

4. Membayar Zakat

Zakat adalah mengeluarkan sebagian harta yang sudah mencapai syarat-syarat tertentu. Zakat dibedakan menjadi dua macam, yaitu zakat mal ( harta ) dan zakat fitrah. Zakat mal dikeluarkan ketika seseorang memiliki jumlah harta dan dalam jangka waktu yang sudah memenuhi syarat zakat.

Sedangkan zakat fitrah dikeluarkan satu tahun sekali di bulan Ramadhan. Zakat fitrah diberikan kepada orang-orang yang berhak menerima zakat.

5. Haji

Rukun islam yang kelima adalah Haji. Haji tergolong sebagai ibadah sunnah, karena hanya wajib dilakukan sekali seumur hidup oleh umat muslim yang mampu. Baik itu secara lahir atau secara batin.

Ada banyak sekali syarat-syarat melaksanakan haji, salah satunya adalah memenuhi harta yang sudah ditentukan.


Demikian artikel tentang Penjelasan Mengenai 5 Rukun Islam  kali ini, semoga berguna bagi teman-teman Modul Pendidikan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel