Penyakit-Penyakit Yang Menyerang Tulang Manusia

penyakit yang menyerang tulang manusia

Tulang manusia adalah anggota tubuh yang memiliki peranan sangat penting untuk menunjang semua gerak manusia. Ketika tulang mengalami kelainan atau kerusakan, maka dampaknya akan membatasi ruang gerak seseorang. Oleh karenanya, kita wajib senantiasa menjaga tulang agar tetap sehat dan kuat. Berikut ini adalah beberapa penyakit yang bisa merusak tulang manusia.

Penyakit-Penyakit Yang Menyerang Tulang Manusia


1. Rakitis

Rakitis adalah penyakit yang disebabkan oleh tubuh kekurangan asupan Vitamin D. Penyakit rakitis bisa dilihat dari pertumbuhan tulang kaki yang tidak normal, yaitu berbentuk O atau X.

Oleh sebab itu, bayi sangat disarankan agar senantiasa berjemur setiap pagi hari. Selain bermanfaat untuk menghangatkan tubuh bayi, sinar matahari yang tinggi Vitamin D juga bermanfaat untuk menghindarkan bayi dari penyakit rakitis.


2. Polio


Ini adalah penyakit tulang yang sangat berbahaya dan disebabkan oleh virus polio. Salah satu faktor yang bisa memicu seseorang terkena penyakit polio adalah kontak langsung dengan penderita, baik melalui lendir hidung atau faces.

Apakah kamu masih ingat, dulu jamannya kita kita masih berusia 5 tahun diberikan vaksin polio.  Manfaat dari vaksin tersebut adalah menghindarkan kita dari penyakit polio. Dampak jangka panjangnya adalah penderia polio akan mengalami kelumpuhan.

Hal tersebut dikarenakan ketidak seimbangan antara pertumbuhan tulang yang normal dan tulang yang terkena polio. Pernahkah kamu melihat orang-orang yang terkena penyakit polio?

3. Rematik

Penyakit rematik selalu identik dengan bagian persendian. Hal ini sepenuhnya benar, karena rematik memang menyerang bagian sendi manusia yang ditandai dengan munculnya rasa nyeri. Terkadang rasa nyeri tersebut bisa memicu pembengkakan di bagian sendi.

Cara paling ampuh untuk menghindari risiko terkena penyakit rematik adalah rutin berolahraga dan mengkonsumsi makanan dengan kalsium tinggi.

4. Osteoporosis

Jika rematik identik dengan sendi, maka penyakit osteoporosis identik dengan manula atau orang usia lanjut. Seiring dengan bertambahnya umur manusia, zat kapur yang terdapat di dalam tulang juga semakin menurun. Akibatnya, tulang mudah patah dan retak.

Cara menanggulangi penyakit osteoporosis adalah memperbanyak asupan kalsium dan Vitamin D yang tinggi. Kalian bisa menemukannya di beberapa jenis makanan, seperti ikan dan susu.


Demikian artikel tentang Penyakit-Penyakit Yang Menyerang Tulang Manusia ini, semoga berguna.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel